Standar Pelayanan Jurnal Riset Akuakultur

  1. Perencanaan untuk penerbitan jurnal ilmiah (proposal dan RAB penerbitan JRA)
  2. Kriteria dan standar penulisan karya ilmiah (Format penulisan naskah JRA/Author Guidelines)
  3. Bagian Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM), khususnya Pengelola JRA mensosialisasikan tentang penerimaan naskah kepada calon penulis melalui Website JRA dan Pengumuman pada media sosial Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana)
  4. Website JRA yang menggunakan Open Journal System (OJS) sebagai perangkat untuk menerima, menelaah (review), hingga penerbitan naskah yang dapat diakses secara online.
  5. Persetujuan naskah daftar tunggu (Unassigned) masuk ke tahap in review dan in editing
  6. Disposisi penugasan melalui OJS JRA dari Editor kepada Reviewer, Copyeditor, Layouter, dan Proofreader.
  7. Softcopy Artikel Jurnal llmiah yang dikirim oleh penulis pada OJS JRA
  8. Softcopy Surat Pernyataan Penulis tentang keaslian naskah (Authorship Statement).
  9. Daftar cek/ist kelengkapan naskah.
  10. Evaluasi Mitra Bestari (Reviewer).
  11. Pengembalian naskah Jurnal untuk perbaikan naskah.
  12. Persetujuan dari Editor bahwa Naskah Diterima (Accepted) untuk diterbitkan di JRA.
  13. Arsip penolakan naskah penulis yang ditolak oleh Editor.
  14. Arsip naskah yang sudah terbit.

  1. Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana mengajukan Surat Keputusan (SK) Penerbitan Jurnal yang berisi tentang volume dan nomor terbitan, susunan pengelola jurnal kepada Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana/Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).
  2. Dewan redaksi menginformasikan jurnal yang akan terbit baik melalui website JRA, termasuk menginformasikan panduan penulisannya.
  3. Penulis mengirimkan naskah ke dewan redaksi secara online melalui OJS JRA sesuai dengan panduan penulisan jurnal
  4. Ketua Dewan Redaksi (Editor in Chief) menerima dan mendisposisikan artikel jurnal kepada Dewan Redaksi (Editorial Board) untuk memutuskan naskah layak unassigned masuk ke tahap in Review.
  5. Editor in Chief menugaskan Mitra Bestari (Reviewer) untuk menelaah naskah yang sesuai dengan bidang keilmuannya.
  6. Mitra bestasi menelaah layak atau tidaknya naskah jurnal dengan memberikan berbagai catatan yang diperlukan.
  7. Dewan redaksi memberitahukan status tulisan kepada penulis apakah diterima, diterima dengan perbaikan, atau ditolak.
  8. Editor in Chief menugaskan sekretariat bagian copyeditor untuk memeriksa tata bahasa, penulisan naskah, dan pengecekan plagiarisme.
  9. Editor in Chief menugaskan bagian/ayouter/desain grafis yang akan menyeting naskah sesuai dengan format naskah yang akan diterbitkan pada OJS JRA.
  10. Layouter menyeting naskah yang akan dipublikasikan.
  11. Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat mengajukan permohonan honor pengelola jurnal dan honor mitra bestari kepada Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana/Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).
  12. Bendahara Pengeluaran membayarkan seluruh biaya penerbitan jurnal sesuai anggaran DIPA Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana dan telah mendapatkan Surat Keputusan Pembayaran Honorarium Penerbitan Jurnal Riset Akuakultur.
  13. Editor mengarsipkan artikel jurnal yang telah terbit dan seluruh berkas koreksi dari mitra bestari, arsip penolakan/permintaan revisi/penerimaan tulisan

Proses pelayanan jurnal dari awal naskah masuk, proses review, sampai terbit dapat diselesaikan dalam waktu tiga bulan.


Penerbitan artikel pada Jurnal Riset Akuakultur tidak dipungut biaya. Seluruh biaya yang dikeluarkan untuk proses penerbitan Jurnal Riset Akuakultur dibiayai oleh DIPA Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana.


Jurnal Riset Akuakultur

Email : jra.puslitbangkan@gmail.com Telpon : (0365) 4503980


Website : http://ejournal­


  balitbang . kkp . go . id/index . php/jra

  

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Link Ke Layanan Online
Klik untuk menuju ke Layanan Online

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Jurnal Riset Akuakultur "