Cerai Gugat

  1. Buku Nikah
  2. Fotokopi KTP
  3. Slip Setoran Panjar Biaya Perkara
  4. Surat Gugatan Cerai

  1. Membuat Surat Gugatan pada Layanan Posbakum
  2. Menaksir Panjar Biaya ke Meja Kasir
  3. Menyetor Panjar Biaya Perkara ke Bank yang ditentukan oleh Pengadilan Agama Medan
  4. Mendaftarkan perkara ke Meja Pendaftaran pada PTSP
  5. Menunggu panggilan untuk bersidang
  6. Hadir dan mengikuti pada setiap tahapan persidangan serta membuktikan setiap dalil-dalil yang tertera pada surat gugatan
  7. Mengambil salinan putusan dan Akta Cerai pada meja Layanan Pengambilan Produk Pengadilan

Jangka waktu persidangan tidak dapat dipastikan, karena setiap perkara memiliki karakteristik permasalahan yang berbeda. namun Pengadilan Agama Medan memiliki Komitmen dan target untuk dapat menyelesaikan perkara dalam waktu30 hari sejak Pendaftaran Perkara


Cara Menghitung Biaya Panjar Perkara Permohonan Wali Adhol
- Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 30.000,-
- Biaya ATK sebesar Rp. 150.000,-
- Hak Redaksi sebesar Rp. 10.000,-
- Materai sebesar Rp. 10.000,-
- Biaya Panggilan Sidang (2 x Panggilan Pihak P dan 3 x Panggilan Pihak T)
- Biaya Panggilan Pihak disesuaikan dengan SK Radius Panggilan

Salinan Putusan dan Akta Cerai

Tata Cara Pengaduan diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 9 Tahun 2016 Tentang PEDOMAN PENANGANAN PENGADUAN (WHISTLEBLOWING SYSTEM) DI Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di Bawahnya.

Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Medan

 

 

A

Secara Lisan

 

1.

Melalui aplikasi SIWAS MA-RI

 

2.

Melalui Whatsapp no 08116260505 0811-6260-505; yakni pada jam kerja mulai hari Senin s.d Jum'at, pukul 08.00 s.d pukul 16.30
*Khusus: dibulan suci Ramadhan jam kerja dapat berubah dan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

 

3.

Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Medan Jalan Sisingamangaraja Km. 8,8 No. 198 Kel. Timbang Deli, Kec. Medan Amplas, Kota Medan

 

 

 

B

Secara Tertulis

 

1.

Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada Pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Medan, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui pos ke alamat kantor Pengadilan Agama Medan Jalan Sisingamangaraja Km. 8,8 No. 198 Kel. Timbang Deli, Kec. Medan Amplas, Kota Medan.

 

2.

Melalui email Pengadilan Agama Medan : pamedan.klas1@gmail.com

 

3.

Pengaduan secara tertulis wajib melengkapi fotokopi identitas dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan

 

 

 

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Medan

 

 

 

 

1.

Pengadilan Agama Medan akan menerima setiap pengaduan yang akan diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis

 

2.

Pengadilan Agama Medan akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan

 

3.

Pengadilan Agama Medan akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis

 

4

Pengadilan Agama Medan hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas terlapor


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Aplikasi Ecourt (Berperkara secara Elektronik)

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Cerai Gugat"