Unit pelayanan sim polresta sorong kota

No. SK: Nomor : Sprin/05/I/2024

  1. FOTO KOPI KTP SEBANYAK 3 LEMBAR
  2. SURAT KETERANGAN DOMISILI ( JIKA KTP LUAR PAPUA BARAT
  3. SURAT KETERANGAN KESEHATAN
  4. SIM DASAR ( UNTUK PENGAJUAN PENINGKATAN)
  5. SIM LAMA YANG MASIH BERLAKU
  6. SERTIFIKAT SKUKP/KLIPENG ( UNTUK SIM A UMUM s/d BII UMUM

  1. 1. Tata Cara Penerbitan SIM Baru : a. Pemohon melaksanakan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani; b. Pemohon selanjutnya melengkapi persyaratan administrasi berupa fotokopi KTP dan kelengkapan administrasi lainnya; c. Pemohon menuju loket pembayaran slip Bank untuk mendapatkan formulir pendaftaran serta bukti slip pembayaran PNBP; d. Pemohon melakukan pengisian formulir pada tempat yang telah tersedia dan melengkapi semua persyaratan administrasi; e. Pemohon menuju loket registrasi untuk dilakukan pencatatan, pendataan dan penginputan data pemohon pada Komputer Administrasi SIM (KASIM); f. Pemohon menuju loket verifikasi guna dilakukan pencocokan data pemohon SIM dengan kelengkapan persyaratan administrasi; g. Pemohon menuju loket Identifikasi guna dilakukan perekaman foto wajah, perekaman sidik jari dan penanda tanganan secara elekrik; h. Pemohon menuju loket uji teori guna melakukan uji teori SIM secara Audio Visual (AVIS) pada Komputer Administrasi SIM, apabila lulus dilanjutkan; i. Pemohon menuju loket Uji praktek SIM R2/R4, apabila lulus dilanjutkan; j. Produksi/Pencetakan SIM pemohon sesuai bukti kelengkapan persyaratan; k. Penyerahan SIM kepada pemohon SIM sesuai dengan permohonan
  2. 2. Tata Cara Penerbitan SIM Perpanjangan, Hilang dan Rusak : a. Pemohon melaksanakan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani; b. Pemohon selanjutnya melengkapi persyaratan administrasi berupa fotokopi KTP dan kelengkapan administrasi lainnya; c. Pemohon menuju loket pembayaran slip Bank untuk mendapatkan formulir pendaftaran serta bukti slip pembayaran PNBP; d. Pemohon melakukan pengisian formulir pada tempat yang telah tersedia dan melengkapi semua persyaratan administrasi; e. Pemohon menuju loket registrasi untuk dilakukan pencatatan, pendataan dan penginputan data pemohon pada Komputer Administrasi SIM (KASIM); f. Pemohon menuju loket verifikasi guna dilakukan pencocokan data pemohon SIM dengan bukti adminstrasi yang ada; g. Pemohon menuju loket Identifikasi guna dilakukan perekaman foto wajah, perekaman sidik jari dan penanda tanganan secara elekrik; h. Produksi/Pencetakan SIM pemohon sesuai bukti kelengkapan persyaratan; i. Penyerahan SIM kepada pemohon SIM sesuai dengan permohonan

Jangka Waktu penyelesaian

  1.  Sim A,C dan D                     120 menit
    1. Pendaftaran                :   40 Menit
    2. Identifikasi                   :   20 Menit
    3. Ujian Avis                     :   20 Menit
    4. Ujian Praktek               :   40 Menit
  2. Peningkatan Sim Au,BI&BII   : 160 Menit
    1. pendaftaran                 :   40 Menit
    2. Identifikasi                   :    20 Menit
    3. Ujian Avis                    :     20 Menit
    4. Simulator                     :     40 Menit
    5. Ujian Praktek              :    40 Menit
  3. Perpanjangan SIM A,C & D        50 Menit
    1. Pendaftaran                :      40 Menit
    2. Identifikasi                   :      10  menit
  4. Perpanjangan Sim Au,BI&BII      60 Menit
    1. Pendaftaran                 :    30 Menit
    2. Identifikasi                    :    10 Menit
    3. Ujian Avis                     :     20 Menit

BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH RI NOMOR 76 TAHUN 2020 TENTANG JENIS DAN TARIF ATAS JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK.


  1. SIM BARU,PENGALIHAN  GOLONGAN
    1. SIM A,C                                            :  Rp. 100.000
    2. SIM D                                                :  Rp.  50.000
    3. SIM AU,BI,BI Umum,BII,BII Umum   :  Rp. 120.000
  2. SIM PERPANJANGAN,HILANG/RUSAK
    1. SIM A,C                                             : Rp.    75.000
    2. SIM D                                                : Rp.      30.000
    3. SIM AU,BI,BI Umum,BII,BII Umum   : Rp.      80.000

UNIT PELAYANAN SIM POLRESTA SORONG KOTA

penanganan pengaduan
  1. CALL SENTER SATPAS
    1. FACEBOOK     : Satlantassorongkota
    2. Instagram         : satlantassorongkota
    3. Twiter                : Lantassorongkota
    4. Tiktok                : satlantassorongkota
    5. Website            : www.polrestasorong.com                                                         www.lapor.go.id
    6. telp                   : 082130032220
  2. melalui kotak saran yang telah disiapkan diruang pelayanan SIM
  3. Adanya petugas yang melayanai pengaduan dan menyelesaikan masalah pelayanan masyarakat
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

SIM ONLINE SINAR

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Unit pelayanan sim polresta sorong kota"