Pelayanan Penambalan Gigi

No. SK: SK Jenis Pelayanan dan Jadwal Pelayanan di Puskes

  • Persyaratan mendapat pelayanan penambalan gigi
    1. Pasien telah menyelesaikan proses pendaftaran
    2. 2. Data rekam medis pasien sudah masuk di aplikasi RME di ruang pelayanan gigi dan mulut

  • Prosedur Pelayanan Penambalan Gigi
    1. Petugas kesehatan memanggil pasien ke ruang pelayanan berdasarkan aplikasi RME diruang pelayanan gigi dan mulut
    2. Petugas Kesehatan melakukan pemeriksaan TB, BB dan vital sign serta anamnesis singkat
    3. Petugas Kesehatan melakukan konsultasi dan menyerahkan hasil pemeriksaan TB, BB dan vital sign ke dokter gigi : Dokter gigi melakukan anamnesis lanjutan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan gigi dan mulut, serta melakukan pemeriksaan penunjang dan konseling bila diperlukan, dokter menentukan diagnosa dan menjelaskan tindakan yang akan dilakukan kepada pasien / keluarga pasien
    4. Petugas kesehatan memberikan blanko informed concent kepada pasien/ keluarga pasien untuk mengisi dan menandatangai blanko tersebut
    5. Petugas kesehatan menyiapkan alat dan bahan untuk penambalan gigi tambalan resin composite atau Glassinomer cement
    6. Petugas gigi melakukan preparasi kavitas dan ekskavasi jaringan karies
    7. Petugas gigi memblokir daerah kerja dengan cotton roll
    8. Petugas gigi mensterilkan kavitas, kemudian dikeringkan dengan semprotan angin
    9. Petugas gigi mengoles kavitas dengan etsa asam selama 10 detik atau sesuai petunjuk penggunaan untuk tambalan resin composite atau dentin conditioner selama 15-20 detik untuk tambalan glassinomer cement
    10. Petugas gigi membersihkan etsa atau dentin conditioner dari kavitas
    11. Untuk tambalan dengan glassinomer cement, petugas gigi mengaduk powder dan liquid di mixing slab sampai homogen dan siap diaplikasikan ke kavitas gigi, sedangkan tambalan resin komposite, petugas gigi mengoleskan bonding pada kavitas dan dilakukan penyinaran dengan light curing unit selama 10 -20 detik.
    12. Petugas gigi memasukan bahan resin composite pada kavitas dengan sistem layer by layer dengan ketebalan lapisan maksimal 2 mm, dan dilakukan penyinaran dengan light curing unit selama 10 -20 detik
    13. Petugas gigi membentuk tumpatan sesuai anatomi gigi
    14. Petugas gigi merapikan tepi-tepi kavitas, cek gigitan dengan gigi antagonis menggunakan articulating paper dan poles
    15. Petugas kesehatan memberikan DHE pasca penambalan gigi
    16. Petugas kesehatan membuang sampah medis pada tempatnya dan mencuci tangan
    17. Petugas kesehatan menulis resep sesuai dengan indikasi bila diperlukan ; Petugas kesehatan menyerahkan resep ke pasien
    18. Petugas kesehatan menyerahkan nota pembayaran bagi pasien yang tidak menggunakan kartu asuransi
    19. Petugas kesehatan mengentry data kesehatan pelayanan ke aplikasi RME dan mengisi buku registrasi

  ± 10-60 menit sesuai jenis tambalan dan ukuran gigi yang ditambal

1.      Pengguna Umum sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Palembang No. 4 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

2.      Pengguna JKN tidak dipungut biaya


Mendapatkan tindakan medis berupa penambalan gigi

1.    Sarana Pengaduan yang disediakan :

a.  Pengaduan Langsung melalui Petugas Pelayanan  Pengaduan

b.  Telepon / Whatsapp : 08117888440

c.   Kotak Saran

d.  Email :  puskesmassako@yahoo.com

e.  Surat Tertulis dialamatkan ke Puskesmas Sako

f. Media sosial facebook : Pkm Sako dan istagram : puskesmas.sako

 

2.    Prosedur/Mekanisme Pengaduan

a.   Pengaduan disampaikan melalui sarana yang disediakan, dilengkapi dengan identitas dan nomor kontak pelapor

b.   Puskesmas melakukan verifikasi terhadap materi pengaduan dan  memberikan tanggapan sebagai tindak lanjut atas pengaduan

 

3.    Petugas Pelayanan Pengaduan

Tim Pelayanan Pengaduan Masyarakat
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Konsultasi via media sosial, wa puskesmas dan kunjungan sehat online

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Penambalan Gigi"