Penerbitan Surat Rekomendasi Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum dan Jasa Boga (SLHS)

  1. Fotokopi KTP pemohon yang masih berlaku sebanyak 2 lembar
  2. Pas foto terbaru 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  3. Surat keterangan domisili usaha
  4. Fotokopi NPWP sebanyak 2 lembar
  5. Surat Keterangan Berbadan Sehat bagi Pengelola/Pemilik Depot Air Minum, Jasa Boga dan Penjamah masing – masing 1 lembar
  6. Fotokopi sertifikat pelatihan Pangan siap saji bagi pemilik Depot Air Minum, Jasa Boga dan Penjamah
  7. Denah Dapur Untuk Jasa Boga
  8. Hasil Pemeriksaan Sampel pangan dilaboratorium yang ditetapkan Pemerintah Daerah memenuhi standar persyaratan (1 bulan terakhir)

  1. Pemohon mengambilformat permohonan dan persyaratan administrasi di Wilayah kerja Puskesmas masing-masing
  2. Pemohon Melengkapi berkas persyaratan Administrasi dan Menyerahkan ke Dinas Kesehatan/Kabupaten Kota untuk dilakukan verifikasi berkas oleh Tim Pemeriksa
  3. Disposisi Kepala Dinas Kesehatan,Pengendalian Penduduk dan Keluarag Berencana kepada Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
  4. Verifikasi Kelengkapan berkas jika lengkap maka akan dilanjutkan dengan dengan Inspeksi Kesehatan Lingkungan, Jika tidak maka akan dikembalikan
  5. Hasil Inspeksi Kesehatan Lingkungan Memenuhi syarat maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan sampel pangan di laboratorium yang telah ditetapkan oleh pemerintah Daerah
  6. Menganalisa hasil pemeriksaan sampel
  7. Membuat berita acara hasil pemeriksaan jika hasil sampel memenuhi syarat maka akan dilanjutkan dengan penerbitan surat rekomendasi , jika tidak maka dilakukan rekomendasi perbaikan sarana tempat pengelolaan pangan
  8. Mengeluarkan Surat Rekomendasi yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarag Berencana
  9. Surat Rekomendasi diteruskan kepada Kepala Dinas PTSP untuk diterbitkan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum dan Jasa Boga

1) 7 Hari Kerja sejak diterimanya permohonan dan dinyatakan telah memenuhi kelengkapan berkas akan dilakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan Depot Air Minum dan Jasa Boga dan Pemeriksaan/Pengujian Kualitas Pangan. Pemeriksaan/Pengujian Pangan di Labolatorium yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Daerah yaitu Untuk Pemeriksaan Sampel Air Depot Air Minum di Laboratorium Kesehatan Banggai

2) 14 hari kerja tim pemeriksa memberikan rekomendasi hasil penilaian dan dilengkapi dengan berita acara pemeriksaan kepada Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana

3) 7 hari kerja Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana akan menerbitkan atau menolak menerbitkan surat rekomendasi SLHS (Sertifikat Laik Higiene Sanitasi) Depot Air Minum dan Jasa Boga

1) Biaya Penerbitan surat rekomendasi Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum dan Jasa Boga GRATIS

2) Biaya pemeriksaan / pengujian sampel Depot Air Minum :

  Wil. UPTD Puskesmas Banggai : Rp. 1.675.000   

  Wil. UPTD Puskesmas Banggai Timur Raya : Rp. 1.675.000 

  Wil. UPTD Puskesmas Adean : Rp. 1.675.000 

  Wil. UPTD Puskesmas Lokotoy : Rp. 1.725.000 

  Wil. UPTD Puskesmas Matanga : Rp. 1.725.000 

  Wil. UPTD Puskesmas Lipualongo : Rp. 2.000.000 

  Wil. UPTD Puskesmas Bungin: Rp. 2.025.000 

  Wil. UPTD Puskesmas Tikson Raya : Rp. 2.275.000 

  Wil. UPTD Puskesmas Dutabusara : Rp. 2.275.000 

  Wil. UPTD Puskesmas Lantibung : Rp. 2.275.000


3) a) Biaya Sampel menyesuaikan dengan parameter yang akan di uji

   b) Biaya Inspeksi Kesehatan Lingkungan dan pengambilan sampel : 

         Wil. UPTD Puskesmas Banggai : Rp.350.000 

         Wil. UPTD Puskesmas Banggai Timur Raya : Rp. 350.000 

         Wil. UPTD Puskesmas Adean : Rp. 350.000 

         Wil. UPTD Puskesmas Lokotoy : Rp. 400.000 

         Wil. UPTD Puskesmas Matanga : Rp. 400.000 

         Wil. UPTD Puskesmas Lipulalongo : Rp. 675.000 

         Wil. UPTD Puskesmas Bungin: Rp. 700.000 \

         Wil. UPTD Puskesmas Dutabusara : Rp. 950.000 

         Wil. UPTD Puskesmas Lantibung: Rp. 950.000 

         Wil. UPTD Puskesmas Tikson Raya : Rp. 950.000

    c) Biaya Pengantaran Sampel Ke Balai POM Provinsi : Rp. 5.550.000

Surat Rekomendasi Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum dan Jasa Boga (SLHS)

Pengaduan dan saran dapat dikirim langsung ke Dinas Kesehatan PPKB atau melalui e-mail: dinkeskb.balutsulteng@gmail.com

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Penerbitan Surat Rekomendasi Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum dan Jasa Boga (SLHS)"