Pelayanan IVA

  1. KTP/KK
  2. Surat pengantar / rujukan internal

  1. Petugas menyapa pasien dengan ramah
  2. Petugas mendiskudikan tindakan IVA dengan klien
  3. Petugas menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan
  4. Petugas mempersilahkan klien untuk BAK terlebih dahulu dan melepas celana dalam
  5. Petugas mempersilahkan pasien untuk tidur di meja gynaecologi
  6. Petugas mencuci tangan secara merata dengan sabun dan air mengalir
  7. Petugas melakukan palpasi perut
  8. Petugas memakain sarung tangan
  9. Petugas memasukkan speculum sepenuhnya sampai terasa ada penolakan kemudian perlahan- lahan membuka cocor bebek untuk melihat serviks.
  10. Petugas mengamati serviks dan memeriksa apakah ada tanda-tanda infeksi, tumor, kista, atau lesi
  11. Petugas menggunakan kapas lidi untuk membersihkan cairan yang keluar, darah atau mukosa dari serviks
  12. Petugas melakukakan identifikasi SSK (Sambungan Squamosa Kolumner) dan area sekitarnya
  13. Petugas membasahi kapas lidi kedalam larutan asam asetat kemudian mengoleskan pada serviks secara merata.
  14. Petugas menunggu minimal 1 menit agar dapat diserap dan sampai muncul reaksi acetowhite
  15. Petugas memeriksa SSK dengan teliti apakah serviks mudah berdarah dan mencari adakah plak putih yang menebal atau epitel acetowhite
  16. Bila perlu, petugas mengoleskan kembali asam asetat atau usap serviks dengan kapas lidi bersih untuk menghilangkan mukosa, darah atau debris yang terjadi saat pemeriksaan dan yang mengganggu pandangan
  17. Petugas menggunakan kapas lidi yang baru untuk menghilangkan asam asetat yang tersisa pada serviks dan vagina.
  18. Petugas melepaskan speculum secara halus, dan meletakkan kedalam larutan clorin 0,5% selama 10 menit.
  19. Petugas mempersilahkan klien turun dari meja gynaecologi
  20. Petugas mencuci tangan dalam larutan clorin dan melepas sarung tangan secara terbalik.
  21. Petugas mencuci tangan tujuh langkah
  22. Petugas menjelaskan hasil pemeriksaan
  23. petugas menentukan waktu kunjungan, jika hasil negatif maka pemeriksaan ulang IVA dilakukan 5 tahun lagi, jika hasil positif klien segera dirujuk ke Rumah Sakit.
  24. Petugas melakukan pencatatan

Waktu penyelesaian pelayanan IVA di Puskesmas Cilacap Selatan 1 sekitar 20 menit. Diukur mulai dari panggilan pasiensampai dengan pasien selesai diperiksa

1. Pasien umum gratis

 2. Pasien yang mempunyai kartu jaminan kesehatan gratis

3. Tarif tindakan sesuai dengan Perda nomor 1 tahun 2024

Pasien mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar

Aduan, saran dan masukan dapat dilakukan dengan prosedur :

 1. Secara Langsung datang ke Kantor di Jl. Jendral Ahmad Yani No 16 Sidakaya

 2. Telepon : (0282) 520924

 3. Whatsapp ke nomor 081225626980

 4. Kotak Saran;

 5. Email : pkmcilacapselatan_satu@yahoo.co.id

 6. Facebook : Puskesmas Cilsel 1

 7. Instagram : puskesmas_cilsel1

 8. Pertemuan- pertemuan / Lintas sektor;

 9. Sisukma-UPTD Puskesmas Cilacap Selatan I

 10. SP4N-Lapor – UPTD Puskesmas Cilacap Selatan I

 11. E-lapor bup : laporbup.cilacapkab.go.id

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store