Penyelenggaraan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR)

No. SK: 39 TAHUN 2024

  1. a. Registrasi akun e-Licensing pada website https://iar-ikrap.postel.go.id
  2. b. Pas foto terbaru dengan latar belakang warna merah
  3. c. Foto atau scan KTP
  4. d. Surat rekomendasi organisasi yang ditandatangani oleh salah satu dari pengurus organisasi daerah khusus untuk peserta UNAR kenaikan tingkat
  5. e. Surat pernyataan tidak keberatan dari orang tua/wali atau keterangan kepala sekolah bagi yang belum berusia 17 Tahun

  1. a. UNAR diperuntukkan bagi: 1. Pemohon Izin Amatir Radio (IAR) baru (tingkat siaga) 2. Pemohon Izin Amatir Radio (IAR) kenaikan tingkat (Tingkat Penggalang dan Penegak
  2. b. Permohonan untuk mengikuti UNAR dimaksud pada huruf b diajukan melalui sistem perizinan daring (online) pada website https://iar-ikrap.postel.go.id
  3. c. UNAR dilaksanakan secara Computer Assisted Test (CAT). Pemohon dapat memilih jadwal dan lokasi Pelaksanaan UNAR
  4. d. Permohonan peserta UNAR dilakukan verifikasi oleh panitia UNAR
  5. e. Peserta UNAR yang telah memenuhi verifikasi akan menerima notifikasi konfirmasi kehadiran dalam UNAR terjadwal melalui e-mail peserta atau dapat pula melakukan konfirmasi kehadiran melalui fitur aplikasi akun peserta UNAR
  6. f. Peserta UNAR yang telah melakukan konfirmasi kehadiran akan menerima kartu peserta UNAR yang telah diterbitkan di aplikasi
  7. g. Peserta UNAR mengikuti penyelenggaraan UNAR sesuai dengan jadwal dan lokasi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta UNAR dan identitas diri yang masih berlaku
  8. h. Nilai hasil kelulusan UNAR dapat dilihat pada aplikasi CAT dan diumumkan pada website e-Licensing

1 Hari

Tidak dipungut biaya

Hasil UNAR

  • a.    LAPOR ! (kominfo.lapor.go.id);
  • b.    Contact Center SDPPI 159 ext.2;
  • c.    Nomer telepon Kantor Balmon Mataram (0370) 646411;
  • d.  Loket/Lounge Pelayanan Balmon Mataram di Jl. Singosari No.4 Mataram – Nusa Tenggara Barat
  • e.    Chat online melalui website (balmonmataram.postel.go.id)
  • f. Media Sosial Instagram, Facebook, Twitter, YouTube (@balmonmataram);
  • g. WhatsApp Contact Centre Pelayanan Balmon Mataram  082266516166
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Link Ke Layanan Online
Klik untuk menuju ke Layanan Online

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Penyelenggaraan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR)"