Pelayanan Hemodialisis

No. SK: 188.4/190/K/411.701/2024

  • Pasien baru
    1. Sudah mendaftar dan mendapat nomor rekam medik.
    2. Cek Lab Virus Marker HbsAG, HIV, DL, Anti HCV
    3. Sudah ada persetujuan dari dokter penanggungjawab HD.
    4. Membayar biaya cuci darah sesuai tarif yang ditentukan bagi pasien umum.
    5. Melengkapi syarat administrasi yang telah ditentukan bagi pasien dengan penjamin/asuransi.
  • Pasien lama
    1. Pasien datang sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
    2. Membayar biaya cuci darah sesuai tarif yang ditentukan bagi pasien umum.
    3. Melengkapi syarat administrasi yang telah ditentukan bagi dengan penjamin/asuransi.

  • Mengawali hemodialisis
    1. Pasien datang mendaftar di Loket Pendaftaran
    2. Pasien melakukan finger print di loket pendaftaran
    3. Pasien diberikan identitas dengan kalung identitas
    4. Pasien atau keluarga menandatangani surat persetujuan tindakan hemodialisis
    5. Perawat melakukan pemeriksaan tandatanda vital
    6. Perawat meraba desiran pada cimino (memastikan lancar atau tidak)
    7. Perawat menentukan pembuluh darah arteri untuk menentukan insersi keluarnya darah dari tubuh ke mesin.
    8. Perawat menentukan pembuluh darah vena menentukan daerah insersi untuk masuknya darah
    9. Perawat memberitahu pasien bahwa tindakan akan dimulai.
    10. Perawat meletakan perlak ke bawah lengan pasien
    11. Perawat mendekatkan alat-alat yang akan digunakan
    12. Perawat melakukan cuci tangan
    13. Perawat membuka pouces, memakai sarung tangan, meletakan dook steril ke bawah lengan pasien, perawat melakukan disinfektan dengan alcohol 70%.
    14. Perawat melakukan insersi tempat cimino dengan jarak 8–10 cm dari anastomosose, tusuk secara intrakutan dan melakukan fiksasi.
    15. Perawat melakukan insersi fistulan inlet pada vena lain, jarak penusukan inlet dan outlet diusahakan tidak kurang dari 3 cm dan melakukan fiksasi.
    16. Perawat melakukan program mesin hemodialisis sesuai dengan instruksi dokter.
    17. Perawat merapikan peralatan
    18. Perawat melakukan cuci tangan
  • Monitoring durante HD
    1. Monitoring pasien hemodialisis dilakukan pukul 06.30 meliputi TD, Nadi, RR, suhu, Ultra Filtrasi QB (Quick Blood), QD (Quick Dialisat)
    2. Pukul 07.00 menaikan QD
    3. PK 09.00 TTV
    4. Pukul 11.00 TTV, kecilkan QB 150 ml/mt
    5. Pukul 11.30 TTV
    6. f. Pukul 12.00 TTV
  • Mengakhiri HD
    1. Perawat melakukan cuci tangan
    2. Perawat memberi informasi kepada pasien/keluarga bahwa proses dialisis berakhir
    3. Perawat menekan tombol retrans, bay pass, drain.
    4. Perawat melepas copler, tekan rinse mute
    5. Perawat melepas arteri blood line dan disambungkan infus set NaCl, putar QB 150 ml/mnt, perawat memastikan darah masuk ke tubuh pasien.
    6. Perawat mematikan QB dan melepas vena line
    7. Perawat melepas catrate dan cairan AK dari mesin kemudian melakukan rinse mesin
    8. Perawat melepaskan jarum inlate dan outlet dari tubuh pasien dan lakukan bebat ringan.
    9. Perawat meambersihkan bagian luar mesin dengan cairan antiseptik
    10. Perawat cuci tangan

Buka setiap hari kerja, dengan ketentuan jam pelayanan sbb :

Senin - Sabtu        06.30 - 18.00

a. Bagi pasien dengan penjamin (BPJS/Asuransi Kesehatan lain) gratis, sesuai ketentuan

b. Bagi pasien umum, biaya pelayanan sbb :

1) Pemakaian tabung baru        Rp. 900.000

2) Pemakaian tabung ulang        Rp. 800.000

a. Pelayanan hemodialisis reguler b. Pelayanan hemodialisis cito

a. Pasien dan/atau keluarganya dapat memberikan keluhan/ pengaduan/ apresiasi kepada Rumah Sakit dengan cara:

1) Menyampaikan secara langsung kepada petugas di unit terkait

2) Kotak saran

3) Web: https://rsud.nganjukkab.go.id/

4) Instagram: https://www.instagram.com/rsdnganjuk/

5) Contact centre +62 812-3251-3700

b. Petugas informasi menerima keluhan.

c. Pengaduan ditulis di buku register keluhan.

d. Pengaduan disampaikan ke unit bersangkutan dan ditindaklanjuti.



Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Hemodialisis"