Pelayanan Farmasi

No. SK: 445/Kpts.06.A-RSUD/2020

  • A. Depo Apotek Rawat Jalan
    1. Permintaan dalam resep tertulis dari dokter
    2. Bukti Registrasi Pendaftaran (No. RM)
    3. Kelengkapan berkas pendaftaran BPJS, SEP (Surat Elegibilitas Peserta)
  • Depo Apotek Rawat Inap
    1. Catatan Pemberian Obat (CPO) dan resep tertulis dari dokter penulis resep di depo Apotek Rawat Inap, untuk resep narkotika dan psikotropika di CPO harus melampirkan resep asli tulisan dokter dan ditandatangani oleh dokter
    2. Telah ter register pada SIM RS
    3. Kelengkapaan berkas pendaftaran BPJS, SEP (Surat Elegibilitas Peserta (SEP)
  • Depo Apotek IGD
    1. Permintaan dalam resep tertulis dari dokter penulis resep di depo Apotek IGD
    2. Bukti Registrasi Pendaftaran IGD (No. RM)
    3. Kelengkapaan berkas pendaftaran BPJS, SEP (Surat Elegibilitas Peserta (SEP)
  • Depo Instalasi Bedah Sentral (IBS)
    1. Permintaan dalam lembar permintaan obat, alkesm obat anastesi dari perawat dan dari penata anastesi
    2. Bukti Registrasi Pendaftaran (No. RM)
    3. Kelengkapaan berkas pendaftaran BPJS, SEP (Surat Elegibilitas Peserta (SEP)

  • Pelayanan Apotek Rawat Jalan
    1. Pasien datang dan diterima oleh petugas Apotek Rawat Jalan
    2. Pasien menyerahkan resep tertulis dokter
    3. Pasien menunjukkan Kartu Pasien (No. RM)
    4. Pasien datang diberikan nomor antrian resep
    5. Petugas farmasi menulis nama pasien, nomor medrek, nomor resep, tanggal resep, nama obat, kekuatan obat, jumlah obat, cara pakai sesuai dengan permintaan pada resep serta petunjuk dan informasi lainnya
    6. Melakukan pemeriksaan akhir sebelum dilakukan penyerahan obat/telaah obat
    7. Memanggil nama dan nomor tunggu pasien rawat jalan
    8. Memeriksa identitas pasien
    9. Menyerahkan obat yang disertai dengan pemberian informasi obat
    10. Meminta pasien untuk mengulang informasi yang telah disampaikan
  • Pelayanan Depo Apotek Rawat Inap
    1. Pasien berada di ruang perawatan
    2. Perawat menyerahkan CPO (Catatan Pemberian Obat) resep tertulis pada CPO dari dokter penulis resep di Apotek Rawat Inap
    3. Menyiapkan sediaan farmasi dan alat kesehatan sesuai dengan permintaan pada Catatan Pemberian Obat (CPO)
    4. Menghitung kesesuaian dosis dan tidak melebihi dosis maksimum
    5. Menyiapkan etiket warna putih untuk obat dalam dan warna biru untuk obat luar
    6. Menulis nama pasien, nomor medrek, umur pasien dengan mencantumkan tanggal lahir pasien, nomor resep, tanggal resep, nama obat, kekuatan obat, jumlah obat, cara pakai sesuai dengan permintaan pada resep serta petunjuk dan informasi lainnya
    7. Melakukan pemeriksaan akhir sebelum dilakukan penyerahan obat
    8. Membuat salinan resep sesuai dengan resep asli dan diparaf oleh apoteker
    9. Menulis nama pasien di dalam buku ekspedisi pasien perawatan yang telah diberikan obat
    10. Konfirmasi kepada perawat di ruangan perawatan bahwa penyiapan obat di dalam Catatan Pemberian Obat (CPO) telah siap
    11. Menyiapkan resep pada tempatnya dan mendokumentasikan

A. Jangka waktu tunggu pelayanan obat mengikuti standar pelayanan minimal rumah sakit, yaitu :

1. Obat jadi <30>

2. Obat racikan <60>

B. Waktu tunggu pelayanan :

1. Dihitung mulai resep masuk sampai pemberian obat kepada pasien;

2. Administrasi lengkap;

3. Tidak ada gangguan alat & sistem informasi

Pasien BPJS tidak dipungut biaya pengobatan

Pemberian obat sesuai resep pasien

Pengaduan terhadap proses pelayanan bisa disampaikan melalui kotak saran yang sudah disediakan atau langsung disampaikan kepada petugas baik secara lisan maupun tulisan.

Terhadap pengaduan yang disampaikan, Kepala Instalasi atau dokter penanggung jawab teknis melakukan identifikasi jenis aduan dan menentukan tindakan yang harus dilakukan dalam upaya mengatasi pengaduan.

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Farmasi"