Standar Pelayanan Gizi

No. SK: 188.445/12/RSUD-BKT/VI/2024

  • Pelayanan Gizi
    1. a. Pelayanan makanan, Bon Permintaan Makan Rawat Inap. b. Pelayanan gizi rawat inap Hasil skrining awal. c. pelayanan gizi rawat jalan: 1) Pasien datang sendiri; 2) Pasien dirujuk dari faskes lain; dan 3) Pasien pasca rawat inap dengan permintaan konseling gizi dari DPJP terkait.

  • Pelayanan Gizi
    1. a. Pelayanan Makanan dengan alur sebagai berikut: 1) Menetapkan peraturan pemberian makanan rumah sakit; 2) Menyusun standar bahan makanan rumah sakit; 3) Membuat perencanaan menu makanan; 4) Membuat perencanan kebutuhan bahan makanan; 5) Melakukan pengadaan bahan makanan sesuai spesifikasi bahan; 6) Melakukan pemesanan dan pembelian bahan makanan; 7) Menerima bahan makanan sesuai spesifikasi yang telah ditetapkan; 8) Menyimpan dan menyalurkan bahan makanan menuju persiapan dan pengolahan; 9) Menyiapkan bahan makanan pasien yang akan diolah; 10) Mengolah makanan pasien sesuai amprah dan diet pasien; 11) Mendistribusikan makanan pasien sesuai amprah dan diet pasien; dan 12) Melakukan pelaporan dan dokumentasi. b. Pelayanan gizi pada rawat inap: terlampir di atas c. Pelayanan gizi pada rawat jalan: 1) Pasien masuk dari bagian pendaftaran poli rawat jalan. 2) Perawat melakukan skrining gizi pasien, meliputi: a) Jika tidak beresiko diberikan diet normal (standar); dan b) Jika tujuan tercapai diet dihentikan dan pasien pulang. 3) Jika hasil skrining gizi beresiko malnutrisi/sudah malnutrisi, DPJP membuat form permintaan koseling ke Ahli Gizi dan Ahli Gizi melakukan proses asuhan gizi terstandar, meliputi: a) Pengkajian gizi; b) Diagnosis gizi; c) Intervensi gizi; dan d) Monitoring dan evaluasi gizi.

a.      Layanan pengantaran makan:

1)     Sarapan 06.30 – 07.30

2)     Snek 09.00 – 09.30

3)     Makan siang 11.30 – 12.30

4)     Snek 15.00 – 15.30

5)     Makan malam 17.30 – 18.00

b.      Asuhan dan /atau Konsultasi Diet:

1)     Rawat Inap:

           Asuhan Gizi dilakukan pada pasien yang diminta                   konseling dari poli terkait pada Senin dan Kamis                   pukul 09.00 - 12.00 WIB.

a.      Pasien Peserta BPJS:

Tanpa biaya/dijamin oleh BPJS Kesehatan

b.     Pasien Umum/Perusahaan/Asuransi:

      Disesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun                2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kota         Bukittinggi.

Pelayanan Gizi

a.      Call center : +62 821 – 7011 – 5611

b.  Ruang pengaduang : Sub bagian Humas dan hukum.
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Gizi"