Pendaftaran Mutasi Masuk Kendaraan antar Provinsi maupun antar samsat

No. SK: Nomor : KEP/11/2021/DITLANTAS Nomor : 973/1368/BAP

  • Wajib Pajak / Masyarakat
    1. - Fotocopy KTP 1 lembar sertakan Aslinya (sesuai identitas pemilik kendaraan yang tercantum pada Dokumen Mutasi Kendaraan )
    2. - Dokumen asli kendaraan dari daerah asal mutasi kendaraan bermotor
    3. - Cek Fisik Kendaraan Bermotor

  • Wajib Pajak / Masyarakat
    1. - Wajib Pajak mendatangi loket informasi / loket 1 / Loket Pendaftaran
    2. - Wajib Pajak melengkapi semua persyaratan dan di crosscek validitasnya oleh petugas
    3. - Petugas kemudian mengarahkan Wajib Pajak menuju loket cek fisik Kendaraan Bermotor agar kendaraannya dapat di cek fisik oleh petugas untuk dicocokkan hasilnya dengan data kendaraan pada dokumen mutasi
    4. - Wajib Pajak mengembalikan hasil cek fisik beserta semua persyaratan yang telah di Crosscek tadi ke loket pendaftaran kemudian Petugas memberikan Formulir Surat Permohonan Registrasi Kendaraan Bermotor (SPRKB) dan harus di isi oleh Wajib Pajak.
    5. - Surat – surat kendaraan Bermotor Wajib Pajak di proses, mulai dari pendaftaran mutasi masuk kendaraan, penetapan surat perhitungan sementara PKB, pemeriksaan keakuratan data dan biaya oleh 3 (tiga) orang verifikator.
    6. - Wajib Pajak membayar biaya BPKB, STNK, TNKB, PKB, SP-3 dan IWKBU (bagi kendaraan Roda 4 penumpang umum) serta AKDP (Bagi Kendaraan Roda 4 Jenis Mobil Beban Umum maupun pribadi) pada loket kasir
    7. - Wajib Pajak mengambil SKPD / Notice Pajak yang baru dan resi SP-3 pada Loket 2 /Loket Pencetakan Notice Pajak
    8. - Wajib Pajak mengambil STNK yang baru pada Loket Pencetakan STNK dengan menunjukkan SKPD yang baru
    9. - Wajib Pajak yang mengurus Kendaraan Roda 4 khusus Angkutan penumpang Umum ataupun Roda 4 dan Roda 6 khusus kendaraan jenis mobil beban Umum maupun pribadi, mengambil resi bukti pembayaran IWKBU atau AKDP pada Loket Jasa Raharja
    10. - Wajib Pajak mengambil TNKB pada Loket Pencetakan TNKB dengan menunjukkan STNK dan SKPD yang baru
    11. - Wajib Pajak mengambil BPKB pada Loket Pencetakan BPKB dengan menunjukkan semua Surat-surat Kendaraan Bermotor

-          Maksimal 7 (Tujuh ) Hari

(setelah berkas dinyatakan lengkap dan benar)

-          Sesuai NJKB Kemendagri

-          Sesuai tarif PNBP Kepolisian

-          Sesuai tarif SWDKLLJ dan IWKBU Jasa Raharja

-          Sesuai tarif AKDP Jasa Raharja Putera


- BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) - STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) - TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)- SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) - Resi SP-3 (Sumbangan Pihak Ketiga) - Resi IWKBU - Resi AKDP

-          Kotak Pengaduan

-          Surat dengan alamat Jl. Imam Bonjol, Wagom Utara, Pariwari

-          Email : upt.samsat.fakfak@gmail.com

-          Telp : (0986)2212285

-          Whatsapp : 082397471164

-          Medsos Facebook : Samsat Fakfak, Instagram : uptsamsat_fakfak

-          Website : http://samsat-fakfak.com

-          SP4N LAPOR Papua Barat : http://Lapor.go.id

-          Aplikasi E-Syiap Mansinam

-          Tatap Muka dengan Petugas Loket atau Pejabat terkait


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pendaftaran Mutasi Masuk Kendaraan antar Provinsi maupun antar samsat"