Pelayanan Ruang Bersalin

No. SK: 440/53/311.50/2023

  • Persyaratan Pelayanan Ruang Bersalin
    1. Pasien Maternal dan Neonatal di Ruang Bersalin

  • Prosedur Pelayanan Ruang Bersalin
    1. Pasien datang lewat IGD
    2. Keluarga pasien atau penanggung jawab mendaftarkan pasien
    3. Petugas melakukan inform consent
    4. Petugas melakukan pemeriksaan dan tindakan sesuai prosedur
    5. Petugas melakukan kolaborasi dengan Petugas lain (Dokter, Perawat, Laboratorium, dan Ahli Gizi)
    6. Apabila kondisi pasien dengan komplikasi, petugas merujuk ke Rumah Sakit
    7. Apabila kondisi pasien tanpa komplikasi dapat dilakukan Tindakan rawat inap di Ruang Bersalin

1.    Observasi kala persalinan: maksimal 12 jam

2.    Penanganan kala persalinan pada primi gravida maksimal 2jam

3.    Penanganan kala persalinan pada multi gravida maksimal 1jam

4.    Penanganan kala persalinan maksimal 30menit

5.    Observasi kala Persalinan maksimal 2jam

6.    Pelayanan nifas KF1 : 6-24Jam Post Partum

7.    Pelayanan neonatal KN1: 6-24Jam Post partum

8. Rujukan Gawat Darurat Maternal danNeonatal maksimal 1 Jam

1.      Pasien Umum

      A. Dalam Wilayah: Sesuai dengan Keputusan Bupati Jember tentang Petunjuk Teknis Program Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Penduduk Kabupaten Jember

B. Luar Wilayah : Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Jember No. 1 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Umum

2.      Pasien JKN : Sesuai Dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan

3.      Pasien SPM : Sesuai dengan Peraturan Bupati Jember tentang Pedoman Penggunaan Dana Program Pelayanan Kesehatan Masyarakat MiskinDengan Surat Pernyataan Miskin (SPM) Yang Dijamin Pemerintah Kabupaten Jember

Pelayanan pasien di Ruang bersalin

1.    SMS/WA : 081917079132

2.    Telepon    : (0336) 624088

3.    Instagram : puskesmas.balung

4.    Facebook : Puskesmas Balung

5.    Email        : pkm.balung@gmail.com

6.    Secara tertulis : kotak saran

7.Secara Langsung : sampaikan keluhan anda pada petugas unit layanan UPTD Puskesmas Balung

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Ruang Bersalin"