pelayanan Instalasi CSSD dan Laundry

No. SK: 800/RSUD/2023/156a

  • A. Standar Pelayanan Sterilisasi Sentral Instalasi Cssd Dan Loundry
    1. Form penyetoran/permintaan sterilisasi instrumen dari ruang pelayanan
  • B. Standar Pelayanan Penyediaan Linen Bersih Instalasi Central Sterile Supply Department (CSSD) Dan Laundry.
    1. 1. Form penyetoran/permintaan linen kotor dari ruang pelayanan
    2. 2. Pelaksanaan distribusi linen : - Pengiriman logistik linen kotor dari ruang perawatan dilakukan pada jam 07.00 – 09.00 serta 12.00-14.00 - Linen bersih hanya boleh diambil pada pukul 10.00-12.00 dan 14.00-18.00

  • A. Standar Pelayanan Sterilisasi Sentral Instalasi Cssd Dan Loundry
    1. 1. Petugas dari ruang pelayanan membawa instrument kotor ke CSSD dengan container tertutup
    2. 2. Petugas CSSD di ruang dekontaminasi melakukkan serah terima dengan petugas ruangan disesuaikan dengan form penyetoran instrument kotor
    3. 3. Petugas CSSD di ruang dekontaminasi melakukan precleaning sesuai dengan SPO
    4. 4. Petugas CSSD di ruang dekontaminasi yang melakukkan dekontaminasi instrumen baik manual maupun otomatis
    5. 5. Petugas CSSD di ruang dekontaminasi melakukan pengeringan instrument di mesin pengering
    6. 6. Petugas CSSD di ruang setting dan packing melakukan setting dan packing instrument disertai pemberian indikator sterilisasi (internal,eksternal dan biologi) labeling (tanggal sterilisasi, expired, pemilik dan nama set)
    7. 7. Petugas CSSD di ruang packing dan setting mengisi logbook steriliasasi sesuai steriliastor (autoclave suhu tinggi, plasma dan EO) yang dipakai dan menata dalam sterilisator sesuai jenis instrument yang akan di sterilisasi
    8. 8. Setelah proses sterailisasi berakhir petugas diruang steril mengeluarkan dari sterilisator diikuti memilah dan mencocokkan sesuai kepemilikan instrument
    9. 9. Petugas CSSD di ruang steril mengevaluasi proses sterilisasi dengan melihat indikator apakah proses berhasil atau harus diulang
    10. 10. Petugas ruangan mengambil instrumen yang sudah steril di ruang CSSD dengan menunjukkan bukti setoran serta mengisi form pengambilan
  • B. Standar Pelayanan Penyediaan Linen Bersih Instalasi Central Sterile Supply Department (CSSD) Dan Laundry.
    1. 1. Petugas logistik laundry menerima form setoran linen kotor dan merekap permintaan linen bersih dari ruangan
    2. 2. Petugas ruangan menyetorkan linen kotor ke ruang penerimaan melakukkan serah terima dengan petugas loundry di ruang penerimaan linen kotor dan menimbangnya
    3. 3. Petugas laundry di ruang penerimaan melakukan pemilahan dimana linen infeksius masuk ruang infeksius dan non infeksius masuk ruang non infeksius
    4. 4. Petugas laundry di ruang pencucian mengambil linen kotor(infeksisus dan non infeksius) untuk dicuci dan dekontaminasi di dalam mesin cuci sesuai jenis linen infeksius dan non infeksius sesuai standar pencucian
    5. 5. Petugas laundry di ruang pengeringan melakukan proses pengeringan di mesin pengering sesuai dengan masing- masing jenis linen
    6. 6. Petugas loundry di ruang setrika dan lipat melakukan penyetrikaan dengan setrika roller dan setrika uap dilanjutkan dengan pelipatan
    7. 7. Petugas ruang logistik laundry melakukan penyimpanan linen ke dalam almari dengan metode FIFO dan mengisi kartu stok
    8. 8. Pada jam bersih petugas logistik melayani permintaan linen bersih dari ruang pelayanan
    9. 9. Pada setiap akhir bulan petugas logistik melakukkan stok opname di ruang pelayanan


A. Standar Pelayanan Sterilisasi Sentral Instalasi Cssd Dan Loundry

Steriliasai Suhu Tinggi paling lambat 3 jam Steriliasasi Suhu Rendah dengan plasma 3 jam Steriliasais Suhu Rendah dengan ethylene oxide 24 jam

 

B. Standar Pelayanan Penyediaan Linen Bersih Instalasi Central Sterile Supply Department (CSSD) Dan Laundry.

24 jam



A. Standar Pelayanan Sterilisasi Sentral Instalasi Cssd Dan Loundry

Sesuai dengan tarif pelayanan CSSD yang berlaku


B. Standar Pelayanan Penyediaan Linen Bersih Instalasi Central Sterile Supply Department (CSSD) Dan Laundry.

-    Sesuai dengan tarif pelayanan laundry

-    Biaya tarif internal, masuk dalam biaya kamar

 - Biaya tarif eksternal sesuai   tarif pelayanan Laundry yang berlaku.

Instalasi CSSD dan Laundry

Melalui :

3.      SMS / WA (Hp 081276336374)                  

4.      Email (rohulrsud@yahoo.co.id)

5.      Website (https://rsud.rokanhulukab.go.id))

6.      Facebook (humasrsud Rokanhulu)

7.      Instagram (rsud_rokan_hulu)

9.      Tiktok (humasrsud rokanhulu)

     10. Secara langsung ke unit layanan pengaduan
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "pelayanan Instalasi CSSD dan Laundry"