Pelayanan Penjualan Produk Statistik

No. SK: 005/RB/l/TAHUN 2024

  1. Pengguna layanan memiliki kartu identitas yang masih berlaku (KTP, SIM, Paspor, dan lain-lain)
  2. Pengguna layanan memiliki alamat email yang masih aktif
  3. Pengguna layanan mengajukan permintaan layanan penjualan produk statistik (publikasi, data mikro dan/atau peta digital wilayah kerja statistik) kepada petugas
  4. Pengguna layanan menyiapkan dokumen yang harus dipenuhi pada layanan penjualan data mikro dan/atau peta digital wilayah kerja statistik (abstraksi penggunaan data, surat perjanjian penggunaan data (SPPD), format, biaya, dan media)

  • Layanan dengan cara kunjungan langsung (offline)
    1. Keterangan : a. Pengguna layanan mengakses layanan penjualan produk statistik dengan mengunjungi unit PST BPS b. Pengguna layanan mengambil nomor antrian c. Pengguna layanan menunggu waktu dilayani sesuai nomor antrian d. Pengguna layanan mengisi buku tamu di front office e. Pengguna layanan menunggu waktu dilayani sesuai nomor antrian f. Pengguna layanan menyampaikan permintaan layanan penjualan produk statistik kepada petugas g. Petugas menyampaikan ketentuan tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan/atau dokumen yang harus dipenuhi berkaitan dengan permintaan pengguna layanan h. Pengguna layanan menyetujui ketentuan PNBP dan/atau memberikan dokumen yang harus dipenuhi berkaitan dengan permintaannya i. Petugas memeriksa kelengkapan dan kesesuaian dokumen yang diberikan dengan permintaan pengguna layanan j. Petugas membuat dan memberikan invoice dan/atau contoh data mikro serta dokumen perjanjian penggunaan data mikro kepada pengguna layanan k. Pengguna layanan melakukan pengecekan terhadap invoice data mikro, contoh data mikro dan dokumen perjanjian penggunaan data mikro yang dilihat, jika terdapat ketidaksesuaian maka dapat mengajukan permintaan perbaikan l. Petugas memeriksa dan menindaklanjuti permintaan perbaikan invoice data mikro, contoh data mikro dan dokumen perjanjian penggunaan data mikro kemudian memberikan hasil pemeriksaan/perbaikan kepada pengguna layanan m. Petugas menyiapkan produk statistik yang diminta pengguna layanan n. Pengguna layanan melakukan pembayaran sesuai invoice melalui: a) Pembayaran secara tunai ke bendahara b) Pembayaran via bank menggunakan kode billing sesuai invoice o. Pengguna layanan menandatangani kemudian memberikan dokumen perjanjian penggunaan data mikro kepada petugas p. Bendahara membuat dan memberikan kuitansi pembelian produk statistik kepada pengguna layanan q. Pengguna layanan mengambil produk statistik kepada petugas r. Pengguna layanan melakukan pengecekan terhadap kuitansi dan produk statistik yang diterima, jika terdapat ketidaksesuaian maka dapat mengajukan permintaan perbaikan kepada petugas s. Petugas memeriksa dan menindaklanjuti permintaan perbaikan serta memberikan hasil pemeriksaan/perbaikan kepada pengguna layanan t. Pengguna layanan memberikan penilaian/rating/pengaduan terhadap kualitas pelayanan penjualan produk statistik u. Pengguna layanan selesai mengakses layanan penjualan produk statistik
    2. Keterangan: a. Pengguna layanan mengakses layanan penjualan produk statistik melalui whattsapp layanan, email layanan dan aplikasi silastik (silastik.bps.go.id) b. Pengguna layanan melakukan registrasi c. Pengguna layanan membaca ketentuan tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan/atau dokumen yang harus dipenuhi berkaitan dengan permintaan pengguna layanan d. Pengguna layanan memilih produk statistik yang akan diminta e. Pengguna layanan mengunggah/upload dokumen yang harus dipenuhi berkaitan dengan permintaannya f. Petugas memeriksa kelengkapan dan kesesuaian dokumen yang diunggah/upload dengan permintaan pengguna layanan g. Petugas membuat dan mengirimkan invoice dan/atau contoh data mikro serta dokumen perjanjian penggunaan data mikro kepada pengguna layanan h. Pengguna layanan melakukan pengecekan terhadap invoice data mikro, contoh data mikro dan dokumen perjanjian penggunaan data mikro yang diterima, jika terdapat ketidaksesuaian maka dapat mengajukan permintaan perbaikan i. Petugas memeriksa dan menindaklanjuti permintaan perbaikan serta memberikan hasil pemeriksaan/perbaikan kepada pengguna layanan j. Petugas menyiapkan produk statistik yang dipilih pengguna layanan k. Pengguna layanan melakukan pembayaran sesuai invoice melalui: a) Pembayaran via bank menggunakan kode billing sesuai invoice, jika pengguna layanan berdomisili di dalam negeri b) Transfer via bank ke rekening bendahara BPS, kemudian mengirimkan bukti pembayaran melalui aplikasi pelayanan, jika pengguna layanan berdomisili di luar negeri l. Pengguna layanan menandatangani kemudian mengirimkan dokumen perjanjian penggunaan data mikro yang ditujukan kepada: Pelayanan Statistik Terpadu Badan Pusat Statistik Kabupaten Kendal Jalan Pramuka Komplek Perkantoran Pemkab, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51351 j. Bendahara melakukan verifikasi bukti pembayaran yang diterima dari pengguna layanan yang berdomisili di luar negeri k. Bendahara membuat dan mengirimkan kuitansi pembelian produk statistik kepada pengguna layanan melalui aplikasi pelayanan l. Petugas mengirimkan produk statistik kepada pengguna layanan, selanjutnya pengguna layanan dapat mengunduh kuitansi dan produk statistik melalui aplikasi pelayanan m. Pengguna layanan melakukan pengecekan terhadap kuitansi dan produk statistik yang diterima, jika terdapat ketidaksesuaian maka dapat mengajukan permintaan perbaikan melalui aplikasi pelayanan n. Petugas memeriksa dan menindaklanjuti permintaan perbaikan serta mengirimkan hasil pemeriksaan/perbaikan kepada pengguna layanan o. Pengguna layanan memberikan penilaian/rating/pengaduan terhadap kualitas pelayanan penjualan produk statistik p. Pengguna layanan selesai mengakses layanan penjualan produk statistik

1. Layanan dengan cara kunjungan langsung (offline):

Pengguna layanan akan dilayani maksimal 10 (sepuluh) menit sejak pengguna layanan pada antrian sebelumnya selesai.

 2. Layanan dengan cara kunjungan tak langsung (online):

 Pengguna layanan akan dilayani maksimal 10 (sepuluh) hari kerja setelah permintaan jelas dan persyaratan pelayanan lengkap

Berbayar sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Pusat Statistik

Publikasi dalam format Hardcopy dan/atau softcopy; Data mikro lengkap/fullset atau sebagian/sesuai variabel yang dipilih; Peta digital wilayah kerja statistik

Pengaduan Langsung: 

Kotak saran & pengaduan BPS Kabupaten Kendal, Jl. Pramuka, komplek perkantoran pemkab Kendal 

Telepon : (0294) 381461 

Email : bps3324@bps.go.id 

Tautan pengaduan melalui website : s.bps.go.id/pengaduanbpskendal 

Direct Massage pada media sosial : FB : Bps Kabupaten Kendal IG : @bpskendal TikTok: @bpskendal Twitter : @bpskendal 

Melalui Whatsapp NOLA (Nomor Layanan Informasi dan Data): 0896-3324-3324

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

silastik.bps.go.id

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Penjualan Produk Statistik"