Instalasi CSSD (CENTRAL STERILE SUPPLY DEPARTEMENT)

  • Persyaratan Administrasi
    1. Semua Alat / Instrumen / Linen inventaris milik RSUD Dokter Mohamad Saleh Kota Probolinggo
    2. Buku serah terima Alat / Instrumen / Linen

  • Alur Pelayanan Central Sterile Supply Departement (CSSD)
    1. Alat, instrumen atau linen kotor dari Ruangan dikirim ke Ruang Central Sterile Supply Departement (CSSD);
    2. Petugas CSSD mengecek dan mencatat data alat, instrumen atau linen yang dikirim;
    3. Petugas CSSD melakukan pembersihan dan desinfeksi;
    4. Pembersihan selesai selanjutnya dilakukan proses pengemasan dan labeling;
    5. Petugas CSSD melakukan pendistribusian ke ruangan terkait.

Dekontaminasi               : 60 menit

Pengemasan/Packing    : 15 menit

Proses Sterilisasi           : 90 menit

Tidak dikenakan biaya

Pelayanan Penyediaan Alat/Instrumen/Linen Steril

1 Pengaduan Langsung :

a. Petugas pengaduan menerima pengaduan dari pasien atau keluarga pasien yang datang sendiri ke ruang pengaduan atau dengan didampingi petugas dari unit kerja terlapor atau melalui telepon.

b. Petugas Penerima Pengaduan mencatat identitas pelapor (nama, nomor register, alamat, nomor telepon (jika ada)) dan mencatat isi pengaduan di Buku Pengaduan.

c. Petugas penerima pengaduan, petugas dari unit kerja terlapor dan pelapor mengkoordinasikan penyelesaian pengaduan di tempat atau di Ruang Pengaduan.

d. Untuk pengaduan yang melibatkan beberapa satuan kerja, maka Petugas penerima pengaduan akan melakukan proses konfirmasi ke satuan kerja terkait, klarifikasi dan rekomendasi pengaduan.

a.  Apabila pengaduan tidak dapat diselesaikan pada saat tersebut maka petugas akan mencatat di register pengaduan untuk di rekomendasikan dibawa di dalam rapat Komite Mutu atau Manajemen.

b. Solusi sebagai penyelesaian pengaduan yang ada di berikan setelah dibicarakan dalam Komite Mutu atau atau Manajemen dan disampaikan dengan cara menemui pengadu atau mengirimkan surat jawaban kepada pengadu secara tertulis.

c.  Konsekuensi sebagai bagian dari penyelesaian ketidak-sesuaian di atas dapat diberikan secara langsung atau setelah solusi diberitahukan dikemudian hari oleh Petugas Penerima Pengaduan.

d. Petugas penerima pengaduan mencatat nama pihak yang menangani pengaduan dan keterangan penyelesaian pengaduan di buku pengaduan.

6.2 Pengaduan Secara Tidak Langsung :

a)        Website : rsud.probolinggokota.go.id/beranda

b)        Instagram : rsudmohamadsalehprobolinggo

c)         Facebook : rsud.mohamadsaleh.7

d)        Google Map : RSUD Dokter Mohamad Saleh

e)         Wa/SMS Hotline

Pengaduan : (081) 13037119

f)          Telepon : (0335) 433119 / 421118


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Instalasi CSSD (CENTRAL STERILE SUPPLY DEPARTEMENT)"