Standar pelayanan Laboratorium

  1. Pasien BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan : 1. Surat Permintaan Laboratorium dari Dokter 2. SEP
  2. b. Pasien Jasa Raharja : Surat Permintaan Laboratorium dari Dokter
  3. c. Pasien Umum : 1. Surat Permintaan Laboratorium dari Dokter 2. Kwitansi Pembayaran Biaya Pemeriksaan

  1. Pasien IGD Permintaan pemeriksaan labaratorium dari dokter
  2. Perawat memberitahukan Petugas Laboratorium
  3. Petugas datang ke IGD dan memeriksa blangko permintaan dokter
  4. Petugas Menjelaskan tentang tindakan pengambilan sampel pada pasien dan keluarga
  5. Pengambilan sampel
  6. Pemeriksaan dan Analisa sampel
  7. Pencatatan hasil pemeriksaan
  8. Menginput hasil pemeriksaan pada aplikasi SIMRS
  9. Petugas Laboratorium mengantarkan hasil pemeriksaan dan menyerahkan pada Perawat
  10. Untuk hasil dengan nilai kritis petugas laboratorium langsung menelpon Perawat/dokter ruangan/DPJP
  11. Pasien Rawat Inap 1. Permintaan pemeriksaan labaratorium dari dokter
  12. 2. Untuk pemeriksaan yang terencana sampel diambil oleh petugas Laboratorium, pemeriksaan cyto sampel diambil oleh perawat
  13. 3. Perawat ruangan menjelaskan tentang tindakan pengambilan sampel pada pasien dan keluarga
  14. 4. Perawat ruangan melakukan pengambilan sampel
  15. 5. Sampel diantar ke ruang laboratorium
  16. 6. Pemeriksaan dan Analisa sampel oleh Petugas Laboratorium
  17. 7. Pencatatan hasil pemeriksaan
  18. 8. Menginput hasil pemeriksaan pada aplikasi SIMRS
  19. 9. Petugas Laboratorium mengantarkan hasil pemeriksaan dan menyerahkan pada Perawat
  20. 10. Untuk hasil dengan nilai kritis petugas laboratorium langsung menelpon DPJP
  21. Pasien Rawat Jalan 1. Melakukan pendaftaran
  22. 2. Menunggu panggilan untuk pengambilan sampel
  23. 3. Pengambilan sampel
  24. 4. Pemeriksaan dan Analisa sampel
  25. 5. Pencatatan hasil pemeriksaan
  26. 6. Menginput hasil pemeriksaan pada aplikasi SIMRS
  27. 7. Penyerahan hasil pemeriksaan Pasien/ Keluarga

Senin s.d Minggu, 24 Jam

Waktu Hasil :

< 120 menit

< 140 menit (manual)

Samakan dengan spm

·      Umum : Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemungutan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Muhammad Zein Painan

·      BPJS JKN : PMK  Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan (pengajuan klaim ke BPJS)

·      Pasien Jasa Raharja, BPJS Ketenagakerjaan sama dengan tariff pasien umum (pengajuan klaim ke Jasa Raharja dan BPJS Ketenagakerjaan)


- Habeglonobinometer - Laju Endap Darah - Golongan Darah / Rhesus - Widal - Urine Lengkap - Feses Lengkap - Glukosa (Random, Puasa, 2 jam PP) - Glukosa Strip - Cholesterol Total - Ureum - Creatinin - GGT - Bilirubin Total - Bilirubin Direct - Bilirubin Indirect - Globulin - Pemeriksaan BTA Mikroskopis - Tes Kehamilan - Darah lengkap - Retikulosit - Trigliserida - SGOT - SGPT - Protein Total - Pewarnaan Sumsum Tulang - Pewarnaan Besi / Fe serum - TIBC - Rematoid Faktor - HIV Rapid - VDRL (sypilis) Titer/TPHA - HBS Ag Rapid - Anti HBS Ag - HCV Rapid - Urid Acid - Albumin - Rapid Antigen - Elektrolit - Cholesterol LDL - Cholesterol HDL - Kalcium Darah - Analisa Sperma - Pemeriksaan Slide Mikrofilaria - ASTO - CRP - PT APTT - Titrasi HSG Urine - Pemeriksaan HBa1C - CKMB - T3 - T4 - TSH - Ferritin - Analisa Cairan Tubuh - Gambaran Darah Tepi - Alkasli Fosfatase - Darah Samar Urine - HIV Elisa - HBS Ag Elisa - HCV Elisa - RDT Malaria - Narkoba (3 Parameter) - D-Dimer - Troponin - Pemeriksaan Toxoplasma - Free T3/T4 - Analisa Gas Darah - Anti Dengue IgGM

-        Email : rsudpainan@ymail.com

-        Telp   : 0756-21428

-        WA    : 0813.7101.4399

-        Kotak Saran

-        Unit Pengaduan Masyarakat

-        SP4N LAPOR


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar pelayanan Laboratorium"