Rekomendasi Pertimbangan Teknis SNI Wajib Mesin Cuci untuk Keperluan Barang Contoh dalam Pameran

No. SK: 577 tahun 2023

  1. Surat Permohonan yang ditujukan kepada Direktorat Industri Elektronika dan Telematika, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika. Terdapat rincian uraian barang, jumlah barang, kode HS dan pelabuhan Bongkar. (Ditandatangani penanggung jawab perusahaan)
  2. Surat Pernyataan bermaterai dari Perusahaan bahwa akan digunakan sebagai barang contoh Pameran.
  3. Spesifikasi teknis barang atau Brosur.
  4. PIB dan Invoice
  5. Angka Pengenal Importir Produsen (API-P) atau Angka Pengenal Importir Umum (API-U)
  6. SIUP (untuk Importir) atau IUI (untuk Produsen)
  7. Nomor Pokok Wajib Pajak
  8. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

  1. Prosedur : 1. Perusahaan melakukan registrasi di website SIINas (http://SIINas.kemenperin.go.id) dengan meng-klik Registrasi Akun SIINas; 2. Mengupload scan dokumen perusahaan yaitu NPWP, NIB, dan IUI/IUKI; 3. Validasi dokumen dilakukan secara online; 3. Username dan password dikirim melalui email yang tercantum di NIB.
  2. Cara Memperoleh Rekomendasi Secara Online : 1. Perusahaan melakukan login di website SIINas (http://SIINas.kemenperin.go.id); 2. Perusahaan melakukan pengisian data perusahaan (alamat kantor pusat, alamat pabrik, contact person, bidang usaha, perizinan); 3. Setelah melakukan pengisian data perusahaan, selanjutnya perusahaan melakukan pengajuan baru dengan memilih rekomendasi yang dimaksud dan mengisi data yang dibutuhkan (data umum, data produksi, rencana impor, berkas persyaratan); 4. Apabila telah selesai maka perusahaan dapat melakukan pengiriman permohonan.
  3. Mekanisme : 1. Perusahaan mengajukan permohonan rekomendasi. 2. Petugas UPP melakukan verifikasi atas dokumen pendukung yang diunggah. 3. Dalam hal dokumen tidak lengkap, Petugas UP2 mengirimkan notifikasi ketidaklengkapan melalui SIINas. 4. Direktorat Jenderal pembina Industri melakukan klarifikasi atas Permohonan yang diajukan. 5. Terhadap permohonan yang lengkap dan benar, Dirjen Pembina Industri menerbitkan pertimbangan teknis/rekomendasi/Surat Keterangan. 6. Rekomendasi elektronik dapat diunduh (download) oleh perusahaan melalui aplikasi SIINas.

<meta charset="utf-8" />Setelah dokumen persyaratan dinyatakan lengkap dan benar oleh pemroses

Tidak dipungut biaya

Rekomendasi/Pertimbangan Teknis Online SNI Wajib Mesin Cuci untuk Keperluan Barang Contoh dalam Pameran

Kritik/Saran (http://SIINas.kemenperin.go.id/saran)

Website Kemenperin (http://www.kemenperin.go.id/pengaduan)

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Link Ke Layanan Online
Klik untuk menuju ke Layanan Online

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Rekomendasi Pertimbangan Teknis SNI Wajib Mesin Cuci untuk Keperluan Barang Contoh dalam Pameran"