Pelayanan persalinan

No. SK: 440/155/25/2024

  1. Membawa Kartu identitas pasien (KTP/KK)
  2. Membawa kartu BPJS
  3. Buku Kesehatan Ibu dan Anak lengkap dengan hasil laboratorium triple eliminasi dan Hb
  4. Rekam Medis pasien

  1. Petugas memasukkan status ke ruang BERSALIN
  2. Pasien yang mendapat pelayanan di ruang BERSALIN adalah ibu bersalin
  3. Bidan memanggil pasien
  4. Bidan memberikan salam, pasien dipersilahkan duduk
  5. Bidan melakukan anamnesa
  6. Sebelum melakukan pemeriksaan cuci tangan terlebih dahulu
  7. Pasien dipersilahkan berbaring ditempat tidur untuk dilakukan pemeriksaan fisik, Leopold, DJJ, sesuai standar asuhan kebidanan
  8. Setelah pemeriksaan fisik bidan memakai hanscoon kemudian melakukan pemeriksaan dalam untuk memastikan pembukaan sudah lengkap atau belum, ketuban sudah pecah atau belum
  9. Bidan melakukan dekontaminasi sarung tangan dalam larutan clorin 0,5 % selama 10 menit, kemudian bidan mencuci tangan
  10. Hasil pemeriksaan dicatat dalam register dan kartu yang tersedia
  11. Melakukan rujukan pemeriksaan laboratorium sesuai standar asuhan kebidanan yang ada,apabila ada indikasi medis yang memerlukan pemeriksan laboratorium sebagai pemeriksaan penunjang
  12. Setelah diperoleh hasil pemeriksaan fisik dan penunjang maka Catat hasil pemeriksaan dalam register dan kartu pemeriksaan
  13. Berikan tindakan sesuai standar dan pedoman yang ditentukan dengan melakukan informed consent kepada pasien
  14. beritahu pasien bahwa sudah terdapat tanda – tanda persalinan
  15. Pasien diobservasi diruang bersalin

1.   KALA I  PERSALINAN :

a)   Primigravida  berlangsung selama 12 jam.

b)   Multigravida berlangsung selama 8 jam.

2.   KALA II PERSALINAN :

a)   Primigravida berlangsung selama 2 jam

b)   Multigravida berlangsung selama 1 jam

3.   KALA III PERSALINAN berlangsung selama 15 – 30 menit

4.   KALA IV PERSALINAN berlangsung selama 2 jam


Tidak dipungut biaya

Kala I Persalinan ,Kala II Persalinan,Kala III Persalinan ,Kala IV Persalinan ,Rujukan internal/eksternal

Kotak Saran tersedia di puskesmas

Telephone/Whatsapp : 0821 7701 2314

email : puskesmassumberejo@gmail.com

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan persalinan"