Pelayanan ELEKTROKARDIOGRAFI (EKG)

No. SK: 008/SK/PKM-KDR/I/2023

  • Pasien Umum
    1. KTP
    2. Kartu Keluarga
    3. Kartu kunjungan bagi pasien lama
  • Pasien BPJS
    1. Kartu BJS
    2. Kartu kunjungan bagi pasien lama

  • Alur Pelayanan
    1. 1. Pasien mendaftar di bagian loket pendaftaran 2. Pasien diperiksa oleh medis atau paramedis 3. Menyiapkan alat EKG 4. Memasang alat EKG pada pasien dengan cara : a. Pasang sampiran b. Lakukan cuci tangan c. Atur posisi pasien tidur terlentang d. Buka dan longgarkan pakaian pasien bagian atas. Bila pasien memakai jam tangan, gelang dan logam lain dilepas. e. Bersihkan kotoran dan lemak dengan menggunakan kapas alcohol pada daerah dada, kedua pergelangan tangan dan kedua tungkai dilokasi pemasangan manset elektroda. f. Oleskan jelly pada permukaan elektroda g. Pasang manset elektroda pada kedua pergelangan tangan dan kedua tungkai. h. Sambung kabel EKG pada kedua pergelangan tangan dan kedua tungkai pasien, untuk sadapan ekstremitas LEAD (LEAD I, II, III , AVR,AVL,AVF) dengan cara sebagai berikut: a. Warna merah pada tangan kanan b. Warna kuning pada tangan kiri c. Warna hijau pada kaki kiri d. Warna hitam pada kaki kanan. i. Pasangkan elektroda ke dada untuk merekam precardical : V1 : Pada intercosta ke 4 pada garis sternum sebelah kanan V2 : Pada intercosta ke 4 pada garis sternum kiri V3 : Pertengahan antara V2 dan V4 V4 : Pada intercosta ke 5 pada axilla bagian belakang kiri. V5 : Pada axilla sebelah depan kiri V6 :Pada intercosta ke 5 pada mid axilla j. Lakukan perekaman secara berurutan sesuai dengan pemilihan LEAD yang terdapat pada mesin EKG.1 k. Beri identitas pasien pada hasil rekaman 5. Rapikan pasien dan peralatan. 6. Cuci tangan 7. Mendokumentasikan pada lembar tindakan Alur Pelayanan : 1. Pasien mendaftar di bagian loket pendaftaran 2. Pasien diperiksa oleh medis atau paramedis 3. Menyiapkan alat EKG 4. Memasang alat EKG pada pasien dengan cara : a. Pasang sampiran b. Lakukan cuci tangan c. Atur posisi pasien tidur terlentang d. Buka dan longgarkan pakaian pasien bagian atas. Bila pasien memakai jam tangan, gelang dan logam lain dilepas. e. Bersihkan kotoran dan lemak dengan menggunakan kapas alcohol pada daerah dada, kedua pergelangan tangan dan kedua tungkai dilokasi pemasangan manset elektroda. f. Oleskan jelly pada permukaan elektroda g. Pasang manset elektroda pada kedua pergelangan tangan dan kedua tungkai. h. Sambung kabel EKG pada kedua pergelangan tangan dan kedua tungkai pasien, untuk sadapan ekstremitas LEAD (LEAD I, II, III , AVR,AVL,AVF) dengan cara sebagai berikut: a. Warna merah pada tangan kanan b. Warna kuning pada tangan kiri c. Warna hijau pada kaki kiri d. Warna hitam pada kaki kanan. i. Pasangkan elektroda ke dada untuk merekam precardical : V1 : Pada intercosta ke 4 pada garis sternum sebelah kanan V2 : Pada intercosta ke 4 pada garis sternum kiri V3 : Pertengahan antara V2 dan V4 V4 : Pada intercosta ke 5 pada axilla bagian belakang kiri. V5 : Pada axilla sebelah depan kiri V6 :Pada intercosta ke 5 pada mid axilla j. Lakukan perekaman secara berurutan sesuai dengan pemilihan LEAD yang terdapat pada mesin EKG.1 k. Beri identitas pasien pada hasil rekaman 5. Rapikan pasien dan peralatan. 6. Cuci tangan 7. Mendokumentasikan pada lembar tindakan

Pelayanan Elektorkardiografi 30 menit, jika ada kendala bertambah waktunya menjadi 40 menit


Pasien BPJS : tidak ditarif biaya

Pasien umum diberlakukan sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah


PELAYANAN ELEKTROKARDIOGRAFI (EKG)

Konsultasi, pengaduan, saran atau masukan bisa disampaikan oleh pasien/masyarakat:

1. Secara tertulis melalui kotak saran yang terdapat di area gedung UPT Puskesmas Kadungora

2. Menyampaikan secara tatap muka langsung kepada petugas khusus konsultasi dan pengaduan

3. Melalui telpon (0262)5703000.SMS/WA/Telp 08112462613

4. Melalui Facebook: Puskesmas Kadungora. Instagram @Puskesmaskadungora. e-mail: puskada@yahoo.com


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

-