Pelayanan TB

No. SK: 440/122/25/2024

  1. Membawa kartu berobat
  2. Membawa kartu TB

  1. Petugas mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir
  2. Petugas menggunakan APD lengkap sesuai level kegiatan
  3. Petugas menerima list RM pasien dari pendaftaran
  4. Petugas memanggil pasien dan menulis identitas pasien
  5. Petugas melakukan anamneses pasien dengan keluhan
  6. Petugas melakukan pemeriksaan vital sign, pemeriksaan fisik
  7. Petugas melakukan pemeriksaan penunjang, yaitu sampel dahak.
  8. Petugas menerima hasil pemeriksaan dahak dari laboratorium, menentukan diagnose dan konsultasi ke dokter umum jika hasil dahak positip TB
  9. Petugas memberikan tatalaksana pelayanan pada pasien penderita TB yaitu : Menjelaskan penyakit, pengobatan, cara dan dosis makan obat, efek samping makan obat, jadwal ulang pengambilan obat rutin selama pengobatan 6 bulan.
  10. Petugas memberikan edukasi TBC, perilaku hidup bersih sehat, pencegahan penularan dan kepatuhan minum obat sampai selesai.
  11. Petugas menginformasikan pada salah satu anggota keluarga sebagai pengawas minum obat ( PMO ) pada pasien TB.
  12. Petugas melakukan evaluasi terhadap keberhasilan pengobatan dengan melakukan pemeriksaan dahak ulang, sesuai jadwal.
  13. Petugas melakukan dokumentasikan kegiatan dalam rekam medic dan blanko pemantauan pasien TB.
  14. Petugas mengambil obat TB dan memberikan kepada si pasien
  15. Petugas mempersilahkan pasien pulang

Sesuai dengan keluhan

Tidak dipungut biaya

Pemeriksaan Penyakit TBC,Pengobatan pasien TB anak dan TB dewasa,Pemantauan dan kunjungungan ulang TB,Pemeriksaan ulang dahak untuk pemantauan,Pemeriksaan tes mantoux ( Tuberculin tes )

Sarana penanganan, pengaduan, saran dan masukan :

1.      Kotak Saran di Puskesmas

2.      Email:puskesmaspasarsimpang@gmail.com

3.      Wa Center Puskesmas : 0822-7904-3678

4.      Telp/HP : : 0822-7904-3678

5.      Facebook  : Puskesmas pasarsimpang

6.      Instagram  : @puskesmaspasarsimpang

 

Selanjutnya ditindak lanjuti oleh tim pengaduan dan tahapan sebagai berikut :

1.     Cek isi pengaduan

2.     Rapat TIM penanganan pengaduan Puskesmas Pasar Simpang

3.     Koordinasi Internal Tim Mutu

4.     Koordinasi dengan pihak pengadu 

1.  Mendokumentasikan penyelesaian pengaduan 


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan TB"