Pelayanan Tranfusi darah

No. SK: 445 / 050/ 2023

  1. Pasein umum : Identitas ( KTP, SIM, dll ), surat rujukan dari dokter, puskesmas atau rumah sakit lain ( bila ada ), kartu berobat ( bila ada ).
  2. Pasien Jasa Raharja : Surat Keterangan Kepolisian
  3. Pasien JKN/BPJS Kesehatan : BPJS Aktif

  1. Adanya Surat Permintaan Darah untuk Transfusi (SPDT) pengantar dari dokter
  2. Melakukan Pemeriksaan Crossmatch Hasil pemeriksaan a. Compatible : Komponen darah dapat keluar. Komponen darah diantar ke ruangan oleh staf Bank Darah dengan tetap menjaga sistem rantai dingin darah. Serah terima darah di ruangan dilakukan oleh staf Bank Darah dengan perawat ruangan. Kemudian darah siap untuk di transfusikan ke pasien. b. Incompatible Mayor : Dilakukan pengulangan crossmatch jika diulang hasil compatible maka darah bisa keluar jika tidak compatible maka darah tidak bisa di transfusikan dan harus dilakukan pemebritahuan atau konsul dengan dokter penanggung jawab laboratorium bahwa darah tidak bisa keluar. Dokter penanggung jawab laborat akan meneruskan ke dokter DPJP, untuk keputusan selanjutnya. c. Incompatible Minor : Darah tetap dapat keluar harus dalam bentuk Pact Red Cell (PRC) dengan disertai surat minor incompatible

60-90 menit untuk permintaan darah di BDRS, lebih dari 90 menit jika permintaan darah dirujuk keluar, (tergantung jenis komponen dan stoknya ada atau tidak di PMI)

Peraturan Daerah Kabupaten Batang Nomor 5 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Batang No. 14 Tahun 2010 tentang Restribusi Pelayanan Kesehatan.


Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang jaminan Kesehatan


komponen darah

  1. Pengaduan langsung : dilakukan melalui Tim Penanganan Pengaduan RSUD Batang.
  2. Pengaduan tidak langsung melalui Email (laporrsudbatang@gmail.com), WA (0811280413), Website (rsudbatang.com/pengaduan)
  3. Pengaduan melalui kotak saran.
  4. Pengaduan melalui kotak kepuasan pelanggan pasien rawat inap dan rawat jalan.

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

rsudbatang.com