Ruang Pelayanan Gigi dan Mulut

No. SK: Nomor : 007/SK/PKM-TB/I/2024

  1. 1. Pasien harus datang ke Puskesmas, tidak boleh di wakilkan.
  2. 2. Pasien yang ingin mendapatkan rujukan baru harus berdasarkan keputusan dokter puskesmas.
  3. 3. Pasien yang memperpanjang rujukan harus membawa bukti surat kontrol dari Rumah Sakit rujukan.
  4. 4. Pasien harus melakukan proses pendaftaran di loket pendaftaran.

  1. Pasien menyelesaikan pendaftaran di loket pendaftaran
  2. Pasien di panggil oleh petugas ruangan
  3. Petugas melakukan pengukuran tekanan darah dan menanyakan keluhan pasien
  4. Pasien di arahkan ke dental unit untuk dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik
  5. Pasien membutuhkan pemeriksaan laboratorium
  6. Pasien rujukan internal ke ruang pelayanan lain?
  7. Rujukan Internal ke Ruang pelayanan lain
  8. Pasien kembali ke ruang pelayanan untuk konseling atau tindakan
  9. APOTEK untuk pengambilan Obat

15 – 60 menit


1.     BPJS/KIS : Tidak dipungut biaya (GRATIS)

2.     Pasien Umum sesuai Perwali Nomor 04 tahun 2023

ü  Pemeriksaan gigi pasien lama                                  :  15.000

ü  Pemeriksaan gigi pasien baru                                   :  15.000

ü  Pembersihan karang gigi per rahang                         :  100.000

ü  Tumpatan GIC 1 permukaan                                     :  50.000

ü  Tumpatan GIC 2 permukaan                                     :  75.000

ü  Tumpatan GIC lebih dari 2 permukaan                      :  100.000

ü  Tumpatan komposit light cured(kecil /

1 permukaan)                                                          :  100.000  

ü  Tumpatan komposit light cured (sedang/

2 permukaan)                                                          :  150.000

ü  Tumpatan komposit light cured (besar/

lebih dari 2 permukaan)                                            :  200.000

ü  Perawatan pulp capping                                          :  30.000

ü  Perawatan syaraf A (devitalisasi pulpa)                     :  30.000

ü  Perawatan syaraf B (sterilisasi kamar pulpa)             :  30.000

ü  Perawatan syaraf C (pengisian kamar pulpa)            :  50.000

ü  Trepanasi gigi                                                         :  30.000

ü  Pengambilan tumpatan (up filling)                            :  30.000

ü  Koreksi okulasi/ulcus decubitus                                :  25.000

ü  Pencabutan gigi decidui dengan topikal anestesi       : 30.000

ü  Pencabutan gigi decidui dengan citoject                   :  50.000

ü  Pencabutan gigi dewasa dengan spluit disposable    : 75.000

ü  Pencabutan gigi dewasa dengan spluit disposable

dengan penyulit                                                       :  100.000

ü  Incise abses/regio/perawatan dry socket                   :  50.000

ü  Operkulektomi                                                         :  50.000

ü  Operasi gigi                                                            :  200.000

ü  Heacting oral                                                           :  40.000

ü  kontrol post exo /op(heacting up)                              :  30.000

ü  alveolectomy/regio                                                  :  50.000

ü  reposisi mandibula                                                   :  50.000

ü  imobilisasi dengan komposit (3-5 gigi)                      :  100.000


1. Pencabutan gigi susu 2. Pencabutan gigi permanen 3. Pembersihan karang gigi / skeling 4. Penumpatan Karies Email, Dentin dan Akar 5. Perawatan Saluran Akar Gigi

1.     Petugas Pelayanan Pengaduan :

-       Shinta Oktaviani, SKM

-       Dwi Indah Rakhmani, Amd.KL

2.    Sarana Pengaduan yang disediakan :

-       Keluhan disampaikan langsung pada petugas

-       Kotak saran

-       Buku Keluhan Pelanggan

-       Kotak Koin Puas dan Tidak Puas

-       Barcode survei Puas dan Tidak Puas yang terletak di ruang pelayanan

-       Whatsapp Pelayanan : 081025165819

 -    Whatsapp Pengaduan : 0895420206400

-   Email : puskesmastegalbinangun@gmail.com


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Ruang Pelayanan Gigi dan Mulut"