Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

No. SK: 400.7.2.13 / 0124.SP / 436.7.2.3.12 /2024

  • Persyaratan pelayanan kesehatan gigi dan mulut
    1. Nomor Antrian pada Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut yang diambil dari antrian online ehealth.surabaya.go.id/pendaftaran atau e-kios;
    2. Membawa KK / KTP dan Kartu BPJS (untuk yang faskes Puskesmas Ketabang) untuk pasien yang baru pertama kali berkunjung ke puskesmas guna memvalidasi data di SIMPUS;
    3. Membawa Kartu Rujukan yang lama apabila ingin memperpanjang Rujukan
    4. Membawa Surat keterangan dari Dokter yang menjelaskan diagnosa pasien yang ingin dirujuk (apabila pasiennya tidak memungkinkan untuk pergi ke Puskesmas)

  • Prosedur pelayanan kesehatan gigi dan mulut
    1. Pasien membawa bukti sudah mengambil nomer antrian ke Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut (berupa print dari ekios / capture dari HP)
    2. Pasien melakukan konfirmasi kehadiran di e-kios / Front Office
    3. Pasien menunggu di ruang tunggu Kesehatan Gigi dan Mulut
    4. Pasien menuju ke meja Triase untuk di cek tanda - tanda vital dan konfirmasi identitas oleh Perawat Kesehatan Gigi dan Mulut
    5. Pasien menuju ke Dokter Gigi untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan gigi berdasarkan keluhan yang dirasakan
    6. Jika pasien memerlukan pemeriksaan penunjang di Pelayanan Laboratorium, dokter akan mengarahkan pasien untuk ke ruang Pelayanan Laboratorium;
    7. Jika hasil pemeriksaan dokter gigi menunjukkan bahwa perawatan gigi dan mulut pada pasien perlu dilakukan ke FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan), maka dokter gigi akan membuatkan rujukan sesuai dengan hasil pemeriksaan
    8. Dokter gigi akan membuatkan resep obat berdasarkan hasil pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut jika diperlukan
    9. Pasien diarahkan ke ruang Pelayanan Farmasi untuk mengambil obat;
    10. Pasien yang sudah mendapatkan obat / tindakan / rujukan diarahkan ke kasir untuk melengkapi administrasi
    11. Setelah pasien menyelesaikan administrasi di kasir dipersilahkan untuk pulang

  1. Pemeriksaan Dasar Gigi : 5 – 8 menit
  2. Tindakan Pre Medikamentosa : 10 – 15 menit
  3. Tumpatan Sementara Sulung/Permanen : 15 – 20 menit
  4. Tumpatan Tetap Sulung/Permanen : 15 – 30 menit
  5. Perawatan Saluran Akar : 20 – 30 menit
  6. Pembersihan Karang Gigi : 20 – 30 menit
  7. Pencabutan Gigi Sulung : 10 – 15 menit
  8. Pencabutan Gigi Permanen : 15 – 30 menit
  9. Pencabutan Gigi Permanen dengan Penyulit : 30 – 45 menit

  1. Pemeriksaan Gigi Umum Rp.20.000/Pasien
  2. Pembersihan karang gigi / scaling per regio Rp.20.000/Regio
  3. Penanganan Dry Socket Rp.23.000/Regio
  4. Pencabutan Gigi Sulung dengan Chlorethyl Rp.22.000/Gigi
  5. Pencabutan Gigi Sulung dengan Injeksi Lokal Anestesi Rp.22.000/Gigi
  6. Pencabutan Gigi Permanent Rp.25.000/Gigi
  7. Pencabutan Gigi Permanent M3 Rp.50.000/Gigi
  8. Pencabutan Gigi Permanent M3 Miring Rp.75.000/Gigi
  9. Insici Abses Rp.25.000/Pasien
  10. Open Bur Rp.22.000/Gigi
  11. Pulp Capping Rp.20.000/Gigi
  12. Pulpotomi dengan Antibiotika Rp.25.000/Gigi
  13. Sterilisasi Ruang Pulpa Rp.20.000/Gigi
  14. Pulpotomi Rp.20.000/Gigi
  15. Tumpatan Basis Rp.20.000/Gigi
  16. Tumpatan Tetap Glass Ionomer Cement Rp.30.000/Gigi
  17. Tumpatan Tetap Composit Rp.50.000/Gigi
  18. Eugenol Tumpatan Sementara Rp.20.000/Gigi
  19. Devitalisasi Pulpa Rp.20.000/Gigi
  20. Tumpatan tetap Fissure sealent Rp.30.000/Gigi
  21. Curetase pocket gingiva Rp.30.000/Gigi
  22. Operculectomy / Gingivectomy / Frenulectomi Rp.75.000/Regio
  23. Topical Aplikasi / per regio Rp.20.000/Regio
  24. Kontrol Post Tindakan Rp.20.000/Pasien
  25. Penanganan Trismus Rp.20.000/Pasien

Pelayanan Pemeriksaan dan Pengobatan Gigi

1. Petugas Penanganan Pengaduan: 

   a. dr. Tanti Melania 

   b. Nurul Fitri R., A.Md.Keb 

   c. Novika N., A.Md.RMIK 

2. Hotline : 0831 4425 0099 

3. Email : pkmketabang@gmail.com 

4. Instagram : puskesmasketabang

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut"