Permohonan Pemindahlekatan Pita Cukai (Switching)

No. SK: KEP-65/KBC.1204/2024

  1. Merek lain yang akan dilekati pita cukai yang telah direalisasikan dengan CK-1 atau CK-1A, harus memenuhi: a. untuk HT berlaku ketentuan jenis, tarif, harga jual eceran, da nisi per kemasannya harus sama dengan yang tertera di Pita Cukai; b. untuk MMEA berlaku ketentuan tarif, golongan, kadar alkohol, dan volume/isi per kemasannya harus sama dengan yang tertera di Pita Cukai; dan c. merupakan merek yang masih berlaku sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai tarif cukai hasil tembakau atau tarif cukai MMEA
  2. Pelekatan Pita Cukai pada MMEA Impor ke MMEA Impor merek lain dikecualikan dari ketentuan pemindahlekatan pita cukai ini
  3. Pita Cukai yang akan dilekati ke merek lain harus belum dilekatkan pada kemasan HT atau MMEA
  4. Permohonan Pemindahlekatan Pita Cukai (Switching) sesuai format Lampiran Huruf L Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor: PER-24/BC/2018, disampaikan kepada Kepala KPPBC Madiun, dengan melampirkan: a. CK-1 atau CK-1A atas merek asal pemindahlekatan; dan b. Surat keputusan penetapan tarif cukai yang masih berlaku atas merek tujuan pemindahlekatan

  1. Pengusaha Pabrik atau Importir mengajuakn permohonan disertai lampiran kepada Kepala KPPBC Madiun
  2. Pejabat Bea dan Cukai melakukan penelitian atas Permohonan Pemindalekatan Pita Cukai (Swithcing)
  3. Kepala KPPBC Madiun dapat menugaskan Pejabat Bea dan Cukai untuk melakukan pengawasan kegiatan pemindahlekatan pita cukai (switching) terhadap Pengusaha Pabrik atau Importir yang memiliki risiko tinggi berdasarkan profil pengusaha
  4. Kepala KPPBC Madiun menerbitkan Surat Persetujuan atau Surat Pemberitahuan Penolakan yang memuat alasan penolakan

Jangka waktu penyelesaian produk pelayanan ini adalah maksimal 2 (dua) hari kerja sejak pengajuan Permohonan Pemindahlekatan Pita Cukai (Switching) diterima dengan lengkap dan benar

Tidak dipungut biaya

Surat Persetujuan atau Surat Pemberitahuan Penolakan

1. Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan secara online melalui Sistem Pengaduan Masyarakat (SIPUMA) di http://www.beacukai.go.id/pengaduan.htm atau ke email pengaduan.beacukai@customs.go.id

 2. Pengaduan, saran, dan masukan langsung via saluran telepon ke (021) 1500 225 (Bravo Bea Cukai) atau faksimile ke (021) 4890966 dan Surat d.a. Direktur Kepatuhan Internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jl. Ahmad Yani By Pass - Rawamangun, Jakarta Timur Jakarta – 13230 3. Menyampaikan pengaduan, saran, dan masukan langsung melalui Unit Kepatuhan Internal KPPBC Madiun melalui whatsapp 081334631474 atau email kipbcmadiun@gmail.com

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

-