Pelayanan Pendaftaran Perubahan Fungsi Kendaraan Bermotor;

  1. Identitas diri - Perorangan: Identitas diri yang sah (KTP, SIM, KK, Pasport) dan bagi yang berhalangan melampirkan Surat Kuasa bermaterai cukup. - Badan Hukum: Salinan Akte Pendirian, Keterangan Domisili, Surat Kuasa bermaterai cukup ditanda tangani oleh pimpinan dan dibubuhi cap Badan Hukum yang bersangkutan. - Instansi Pemerintah (termasuk BUMN dan BUMD): - Surat Tugas/ Surat Kuasa bermaterai cukup ditanda tangani oleh pimpinanserta dibubuhi cap instansi yang bersangkutan.
  2. STNK Asli
  3. BPKB Asli
  4. Untuk Rubah bentuk dilengkapi Surat Keterangan Rubah Bentuk dari perusahaan Karoseri/Bengkel yang telah memiliki Izin yang sah
  5. Fatur mesin baru yang dikeluarkan ATPM.
  6. Untuk Ganti Mesin yang berasal pembelian luar negeri / import harus memiliki invoice, manifest yang menyebutkan nomor mesin.
  7. STNK dan BPKB mesin asal untuk mesin bekas dengan merk yang sama.
  8. Surat Pernyataan dari pemilik bermaterai cukup bahwa kendaraan tidak dalam perkara/sengketa atau tidak sedang dijaminkan
  9. Surat Rekomendasi Dirlantas Polda.
  10. Surat Keterangan dari Ditreskrimum bahwa mesin tidak dari hasil tindak pidana atau dalam sengketa.
  11. Bukti Pelunasan PKB/BBNKB tahun terakhir.
  12. Bukti Pendaftaran BPKB.
  13. Bukti hasil Pemeriksaan Cek Fisik Kendaraan Bermotor
  14. Dokumen lain yang berkaitan dengan proses Rubah Bentuk.

  1. Cek Fisik Kendaraan Bermotor: Wajib Pajak/Pemilik kendaraan bermotor membawa kendaraan bermotor beserta dokumen kelengkapan (faktur dan berkas pendukung) ke bagian cek fisik untuk diperiksa dan digesek nomor rangka dan normor mesin masing-masing 1 lembar. Informasi dan Nomor Antrian: Wajib/Pajak Pemilik Kendaraan Bermotor minta/menerima informasi loket tempat layanan yang sesuai jenis layanan yang dibutuhkan dan nomor antrian.
  2. Pengisian Formulir: Wajib Pajak/Pemilik Kendaraan Bermotor melakukan pengisian data kendaraan pada formulir yang telah disediakan.
  3. Pendaftaran: Wajib Pajak/Pemilik Kendaraan Bermotor diloket 1 menyerahkan dokumen kendaraan yang telah dilengkapi dengan blanko cek fisik, formulir permohonan STNK dan nomor register (nomor polisi) bukti pendaftaran yang telah didapatkan dari bagian BPKB untuk di teliti / verifikasi data Ranmor dengan data base.
  4. Pokja penetapan memverifikasi data Ranmor dengan data base, petugas BAPENDA menetapkan Besaran Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), menetapkanbesaran biaya Kendaraan Bermotor (PKB), petugas POLRI menetakan besaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) STNK dan TNKB, Petugas PT. Jasa Raharja menetapkan besaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
  5. Kasir memverifikasi data Ranmor dengan data base dan besaran BBNKB, PKB, PNBP, dan SWDKLLJ menyampaikan kepada Wajib Pajak untuk dilakukan pembayaran, setelah dilakukan proses pembayaran kasir memprint out Tanda Bukti Pelunasan PKB, BBNKB, PNPB dab SWDKLLJ.
  6. Pencetakan STNK: Petugas memverifikasi data Ranmor dengan data base, mencetak STNK sesuai dengan rekaman data kendaraan bermotor dan menyerahkan ke petugas penyerahan.
  7. Penyerahan STNK: Petugas di Loket 2 penyerahan STNK merakit STNK yang telah dicetak disatukan dengan dokumen kendaraan bermotor dan dengan TBPPKB, diserahkan ke Kasi STNK dilakukan korektor selanjutnya memisahkan dokumen kendaraan bermotor ke gudang penyimpanan serta menyerahkan STNK dan TPPKB asli kepada Wajib Pajak
  8. Pencetakan TNKB Petugas mencetak TNKB memverifikasi data Kendaraan Bermotor yang tertera pada STNK dan TPPKB ada kesesuaian melakukan cetak TNKB sesuai dengan STNK dan menyerahkan ke petugas penyerahan untuk diserahkan kepada Wajib Pajak

60 Menit

Tarif Penerbitan STNK:

- Roda 4 atau lebih :Rp 200.000,-

- Angkutan Umum :Rp 200.000,-

- Roda 2 atau 3: Rp 100.000,-  

Tarif Penerbitan TNKB :

- Roda 4 atau lebih :Rp 100.000,-

- Roda 2 atau 3 :Rp 60.000,-


Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK); Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB); Bukti Pembayaran PKB, BBNKB dan SWDKLLJ; Sticker Kartu Dana SWDKLJJ;

1) Kantor bersama Samsat menyediakan loket informasi dan Pengaduan sebagai sarana

penyampaian informasi Sam Lantas Kepri, Info Pajak, Website, kotak pengaduan dan

SMS Center yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun penerima kritik, saran dan

pengaduan berupa perbaikan kinerja, peningkatan pelayanan serta aspirasi yang

berkembang di masyarakat berkaitan dengan pelayanan pembayaran PKB/BBNKB,

SWDKLLJ Jasa Raharja, PNBP, Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

 

2) Prosedur dan mekanisme Pengaduan :

a. Petugas informasi dan Pengaduan menerima dan menulis di buku register yang

memuat identitas dan permasalahan yang dikeluhkan/diadukan;

b. Petugas memberikan formulir tanda bukti pengaduan yang telah dicantumkan

pada waktu yang ditentukan untuk menjawab / menyelesaikan;

c. Petugas informasi dan Pengaduan menyampaikan permasalahan pengaduan

tersebut pada masing-masing unsur Pimpinan sesuai dengan materi pengaduan

selambat-lambatnya 2 (dua) hari sejak pengaduan diterima petugas, penanggung

jawab harus memberi jawaban / menyelesaikan complain yang diajukan.

 


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Pendaftaran Perubahan Fungsi Kendaraan Bermotor;"