Penyetoran Hasil Bersih Lelang Kepada Penjual/Kas Negara Melalui Bendahara Penerimaan

No. SK: KEP-43/KNL.0502/2024

  • Penyetoran Hasil Bersih Lelang Ke Kas Negara
    1. Bukti setor pembayaran/pelunasan harga lelang
    2. Rincian Uang Hasil Lelang (RUHL) dari Pejabat Lelang/Pejabat Fungsional Pelelang;
    3. Data-data yang diperlukan untuk melakukan setoran melalui rekening Kas Negara guna pengisian data Bukti Penerimaan Negara (BPN) yaitu kode satuan kerja, dan Mata Anggaran Penerimaan PNBP, dan kode KPPN.
  • Penyetoran Hasil Bersih Lelang Kepada Penjual
    1. Bukti setor pembayaran/pelunasan harga lelang;
    2. Rincian Uang Hasil Lelang (RUHL) dari Pejabat Lelang/Pejabat Fungsional Pelelang;
    3. Data-data yang diperlukan untuk melakukan setoran melalui rekening penjual, misalnya data rekening institusi pemohon lelang dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

  • Penyetoran Hasil Bersih Lelang Ke Kas Negara
    1. Pembeli Lelang melunasi pembayaran harga lelang.
    2. Bendahara Penerimaan melakukan verifikasi bukti pembayaran
    3. Bendahara Penerimaan menyetorkan melalui Layanan Perbankan secara Elektronik
    4. Kepala Kantor atau atasan Bendahara Penerimaan melakukan otorisasi approve dan release transaksi
    5. Bendahara Penerimaan Bendahara Penerimaan menyerahkan bukti setor Bukti Penerimaan Negara (BPN)
  • Penyetoran Hasil Bersih Lelang Kepada Penjual
    1. Pembeli Lelang melunasi pembayaran harga lelang.
    2. Bendahara Penerimaan melakukan verifikasi bukti pembayaran atau menyiapkan cek penarikan dana.
    3. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan cek: a. Bendahara Penerimaan membuat dan menandatangani Cek. b. Kepala Kantor/Atasan Bendahara Penerimaan meneliti dan menandatangani cek.
    4. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan elektronik: a. Bendahara Penerimaan membuat kuitansi penyetoran hasil bersih kepada Penjual, menandatanganinya dan menyetorkan melalui Layanan Perbankan secara Elektronik. b. Kepala Kantor/Atasan Bendahara Penerimaan melakukan otorisasi approve dan release transaksi.
    5. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan cek, Bendahara Penerimaan menyerahkan Kuitansi Hasil Bersih Lelang dan Cek.
    6. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan elektronik, Bendahara Penerimaan menyerahkan Kuitansi Hasil Bersih Lelang dan Bukti Setor Hasil Bersih

Sesudah dilakukan percepatan standar pelayanan

Penyetoran Hasil Bersih Lelang Ke Kas Negara:

Paling lambat 1 (satu) hari kerja, apabila menurut ketentuan hasil bersih lelang harus disetorkan ke Kas Negara sebagai PNBP.

 

Penyetoran Hasil Bersih Lelang Kepada Penjual:

1.   Paling lambat 1 (satu) hari kerja sejak dokumen permohonan       telah     lengkap     dalam     hal penyerahan Hasil Bersih Lelang menggunakan cek.

2.   Paling lambat 1 (satu) hari kerja, apabila menurut ketentuan hasil bersih lelang harus disetorkan ke Penjual

Waktu Layanan:

Waktu layanan di lingkungan DJKN ditetapkan setiap hari kerja Senin - Jumat pukul 08.00 16.00 waktu setempat, atau memperhatikan jam kerja yang ditetapkan di lingkungan Kementerian Keuangan, tanpa menghentikan pelayanan bagi publik saat jam istirahat.

Tidak ada biaya atas jasa pelayanan.

Hasil Bersih Lelang ke Kas Negara/Penjual

Pengaduan, saran, dan masukan terkait layanan dapat disampaikan melalui: 

1. Saluran Internal 

  • Call Center HALO DJKN 150-991; 
  • Telepon KPKNL Bandar Lampung (0721) 474735;
  • Surel (e-mail): kpknlbandarlampung@kemenkeu.go.id / pengaduan.djkn@kemenkeu.go.id; 
  • Surat ke alamat KPKNL Bandar Lampung di alamat Jl. Basuki Rahmat No. 12, Bandar Lampung; 
  • Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Bandar Lampung; 
  • Kotak pengaduan, saran, dan masukan yang tersedia pada APT KPKNL Bandar Lampung. 
2. Aplikasi Whistleblowing System (WiSe) yang dikelola Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan: www.wise.kemenkeu.go.id; 

3. Aplikasi SP4N-LAPOR! Yang dikelola KemenPAN-RB, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI: www.lapor.go.id.

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Aplikasi SIGER: bit.ly/SIGER No. Whatsapp +62811-7241-112 Telepon (0721) 474735 Email: kpknlbandarlampung@kemenkeu.go.id