Standar Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat jalan

  1. a. Pasien Peserta BPJS 1) Kartu Identitas Berobat (bagi pasien lama) 2) Kartu identitas (KTP / SIM / Pasport) 3) Kartu BPJS 4) Rujukan dari FKTP / FKTRL / SKDP / RESUME MEDIS
  2. b. Pasien Umum 1) Kartu Identitas Berobat (bagi pasien lama) 2) Kartu identitas ( KTP/SIM/Pasport)
  3. c. Pasien Jaminan Perusahaan 1) Kartu Identitas Berobat (bagi pasien lama) 2) Kartu identitas (KTP / SIM / Pasport) 3) Surat Pengantar jaminan dari Perusahaan 4) Rujukan dari klinik perusahaan/dokter setempat

  1. a. Pengambilan nomor antrian untuk pasien BPJS
  2. b. Pasien BPJS menunggu diruang tunggu untuk pemanggilan nomor antrian
  3. c. Pasien Umum dan Perusahaan langsung mendaftar di Counter pendaftaran Pasien Umum dan Perusahaan
  4. d. Pendaftaran Pasien BPJS di Counter BPJS, sesuai dengan nomor antrian yang di panggil
  5. e. Untuk pasien umum, petugas pendaftaran mendaftar pasien dan mengarahkan ke poli yang di tuju
  6. f. Untuk pasien perusahaan, petugas pendaftaran memverifikasi berkas pasien perusahaan, kemudian pasien di daftar dan di arahkan ke poli yang di tuju
  7. g. Untuk pasien BPJS, petugas pendaftaran mendaftar pasien dan menerbitkan SEP rawat jalan, kemudian mengarahkan ke poli yang di tuju
  8. h. Pasien menunggu di Klinik spesialis yang di tuju

Proses pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan kurang lebih 5 menit. (kecuali pasien yang BPJS nya terdapat kendala, seperti belum membayar denda)

a.       Untuk Pasien umum, sesuai Pergub Kutai Barat No. 2 Tahun 2013 tentang Tarif Layanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar.

b.Untuk pasien JKN, sesuai Permenkes No. 3 Tahun 2023 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan

Pelayanan pendaftaran Pasien Rawat Jalan

Prosedur penanganan pengaduan dilaksanakan sebagai berikut:

a.      Pengaduan Tidak Langsung

1.      Pengaduan melalui SMS/ WA ke nomor Bagian Humas 0811-5915-158 :

a)      Petugas Humas membuka dan membaca layanan SMS/ WA

b)     Petugas Humas membalas SMS/ WA dengan ucapan terima kasih atas masukannya untuk disampaikan pada bidang/ bagian terkait

c)      Menginventarisir data pengadu, kemudian menyampaikan kepada bidang/ bagian terkait

d)     Melakukan koordinasi (klarifikasi) dengan bidang / bagian terkait sebagai bahan masukan dan penyelesaian masalah

e)      Jawaban penyelesaian masalah disampaikan kembali oleh Humas kepada pengirim

f)       Bagian Humas mencatat pada laporan harian

2.      Pengaduan melalui Media Internet

a)       Pengaduan melalui formulir digital dengan mengetik bit.ly/SKMHIS atau dapat mengunjungi website Humas RSUD Harapan Insan Sendawar http://rsudhis.kutaibaratkab.go.id

b)      Pengaduan bisa melalui Aplikasi Lapor-HIS

3.      Pengaduan melalui kotak saran :

a)        Petugas Humas membuka kotak saran yang tersedia di tiap unit layanan setiap 3 hari, yaitu hari Senin dan Kamis

b)        Petugas Humas menginventarisir jenis pengaduan

c)        Petugas humas berkordinasi dengan bagian/bidang terkait sesuai jenis pengaduan untuk menyelesaikan pengaduan tersebut

d)        Bagian humas melakukan pendokumentasian.

b.      Pengaduan Langsung

1.       Petugas unit terkait menerima komplain dari pasien. Pasien/ keluarga pada saat mengajukan komplain diharuskan menyebutkan: identitas pengadu secara lengkap, permasalahan yang diadukan, identitas petugasyang melayani, waktu dan lokasi kejadian.

2        Petugas tersebut menyelesaikan pengaduan pasien, apabila tidak ada penyelesaian, maka dapat berkoordinasi dengan penanggungjawab unit untuk menyelesaikannya.

3        Bagian Humas berkoordinasi dengan bidang/ bagian terkait sesuai pengaduan/ keluhan yang disampaikan pasien/ keluarga tersebut dalam waktu 1 x 24 jam.

4        Jika solusi atas permasalahan sudah didapatkan, Bagian Humas akan menyampaikan jawabannya kepada pasien maupun keluarganya dengan melibatkan petugas unit bersangkutan.

5        Bila pasien tidak puas, bagian Humas berkoordinasi secara berjenjang untuk mendiskusikan solusinya (bila perlu)

6        Bagian Humas mendokumentasikan setiap pengaduan/ keluhan.

Setiap pengaduan/ keluhan yang terjadi akan dijadikan acuan untuk perbaikan, baik dari sisi SDM maupun sistem layanan
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Link Ke Layanan Online
Klik untuk menuju ke Layanan Online

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat jalan"