Pelayanan Rehabilitasi Lanjut Usia Terlantar

  1. Lanjut usia berjenis kelamin laki-laki atau perempuan berusia 60 (enam puluh) tahun atau lebih karena faktor tertentu tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dan hidup bergantung pada bantuan orang lain
  2. Tidak ada perseorangan, keluarga, maupun masyarakat yang mengurus
  3. Rentan mengalami tindak kekerasan dari lingkungannya
  4. Masih memiliki keluarga, tetapi berpotensi mengalami tindak kekerasan, perlakukan salah, eksploitasi, dan penelantaran
  5. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Lanjut Usia Terlantar
  6. Kartu Jaminan Kesehatan (Kartu Indonesia Sehat) Lanjut Usia Terlantar

  1. Keluarga atau masyarakat melaporkan keberadaan lanjut usia terlantar
  2. Staf Bidang Rehabilitasi Sosial menerima laporan dari keluarga atau masyarakat terkait keberadaan lanjut usia terlantar
  3. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial melakukan koordinasi dengan Pihak Kelurahan Setempat
  4. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial melakukan asesmen atau home visit ke tempat keberadaan lanjut usia terlantar
  5. Staf Bidang Rehabilitasi Sosial memeriksa kelengkapan administrasi lanjut usia terlantar (KTP, KK, Kartu KIS)
  6. Staf Bidang Rehabilitasi Sosial membuat laporan hasil asesmen terhadap lanjut usia terlantar
  7. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial melakukan koordinasi dengan Pihak Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia
  8. Staf Bidang Rehabilitasi Sosial membuat surat rekomendasi atau surat pengantar ke Kepala Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia
  9. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial mengantar dan menyerahkan lanjut usia terlantar ke Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia

9 Jam

Tidak dipungut biaya

Laporan Hasil Asesmen/Home Visit terhadap Lanjut Usia Terlantar, Surat Rekomendasi atau Surat Pengantar ke Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia, dan Berita Acara Serah Terima Lanjut Usia Terlantar

Aduan, saran dan masukan dapat dilakukan dengan prosedur:

  • Datang langsung
  • Tertulis disampaikan ke kotak pengaduan yang disediakan di Dinas Sosial
  • Surat
  • Telepon/Whatsapp: 082188285500
  • Email
  • Media sosial

SDM yang mengurus layanan aduan, saran dan masukan adalah:

  • Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial
  • Staf Bidang Rehabilitasi Sosial



Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Rehabilitasi Lanjut Usia Terlantar"