Pelayanan Laundry RSUD Wonosari

  1. 1. Linen pasien dari unit pengguna linen yang sudah dilakukan verbeden oleh petugas instalasi.
  2. 2. Pihak penunggu pasien yang menghendaki melakukan pencucian linen di Instalasi Laundry RSUD Wonosari.

  1. A. Linen Untuk Pasien 1. Pengambilan Linen Kotor : a. Linen kotor yang telah dimasukkan ke dalam plastik kuning/hitam diambil oleh petugas laundry ke ruang perawatan/unit pengguna linen yang ada di Rumah Sakit setiap jam 08.00 WIB. b. Petugas Laundry melakukan serah terima linen kotor dengan petugas pengguna linen dengan menggunakan buku serah terima linen kotor. c. Petugas Laundry membawa linen kotor dengan menggunakan trolly linen kotor yang tertutup melalui jalur linen kotor.
  2. 2. Penimbangan Linen Kotor : a. Linen kotor yang telah diambil oleh petugas laundry ditimbang dengan menggunakan alat timbangan dan datanya dimasukkan ke buku timbangan. b. Linen kotor dibedakan antara linen infeksius (plastik warna kuning) dan linen non infeksius (warna hitam) tanpa melakukan persortiran isinya.
  3. 3. Pencucian Linen : a. Linen kotor infeksius : 1) Petugas laundry mengambil linen yang dibungkus dengan plastik kuning dari ruang penerimaan linen kotor. 2) Linen dimasukkan ke dalam mesin cuci khusus infeksius dengan cara plastik dibuka langsung di dalam mesin cuci. 3) Petugas memasukkan linen sejumlah 75i maksimal kapasitas mesin cuci. 4) Petugas laundry mengoperasionalkan mesin cuci. 5) Linen kotor dicuci dengan suhu 900C selama 10 menit. Pada proses pre wash ditambahkan desinfektan pre wash dengan dosis 10ml/kg linen. Pada proses main wash ditambahkan liquid detergent dengan dosis 12,5 ml/kg linen dan oxygen bleach (untuk linen warna) dengan dosis 12,5 ml/kg linen, chlorine bleach (untuk linen putih) 12,5 ml/kg linen dan softener 10 ml/kg linen. 6) Proses pencucian dilakukan selama 90 menit. b. Linen kotor non infeksius : 1) Petugas laundry mengambil linen yang dibungkus dengan plastik hitam dari ruang penerimaan linen kotor. 2) Linen dimasukkan ke dalam mesin cuci khusus non infeksius dengan cara plastik dibuka langsung di dalam mesin cuci. 3) Petugas memasukkan linen sejumlah 75i maksimal kapasitas mesin cuci. 4) Petugas laundry mengoperasionalkan mesin cuci. 5) Linen kotor dicuci dengan suhu 700C selama 20 menit. Pada proses pre wash ditambahkan desinfektan pre wash dengan dosis 5 ml/kg linen. Pada proses main wash ditambahkan liquid detergent dengan dosis 10 ml/kg linen dan oxygen bleach (untuk linen warna) dengan dosis 10 ml/kg linen, chlorine bleach (untuk linen putih) 10 ml/kg linen dan softener 5 ml/kg linen. 6) Proses pencucian dilakukan selama 90 menit.
  4. 4. Pengeringan Linen : a. Petugas Laundry melakukan pengeringan dengan menggunakan mesin pengering. b. Tingkat suhu pengeringan berdasarkan pada bahan linen yang dikeringkan. Untuk bahan katun atau campuran suhu yang digunaka adalah 700C, sedangkan untuk bahan Klinikvinil dengan suhu 500C.
  5. 5. Packing Linen : a. Petugas laundry melakukan packing linen di ruang packing. b. Linen yang dipacking adalah linen yang sudah mengalami quality control baik noda maupun kelayanakan linen. c. Linen dipacking per unit pengguna linen berdasarkan buku serah terima linen kotor.
  6. 6. Distribusi Linen Bersih : a. Petugas laundry melakukan distribusi linen bersih dengan menggunakan trolly kusus linen bersih yang tertutup. b. Distribusi dilakukan pada malam hari sebelum jam 21.00 WIB. c. Linen bersih didistribusi melalui jalur linen bersih.
  7. 7. Serah Terima Linen Bersih : a. Petugas laundry menyerahkan linen bersih kepada petugas unit pengguna linen dengan menggunakan buku serah terima linen bersih. b. Setelah buku serah terima ditandatangani oleh kedua belah pihak maka petugas laundry menata linen bersih ke dalam lemari linen bersih yang ada di unit pengguna linen. c. Petugas laundry menempatkan linen bersih pada bagian bawah dan unit pengguna linen apabila akan mengambil dari atas sehingga prinsip FIFO (First In First Out) dapat dilaksanakan.
  8. B. Linen Keluarga Pasien/Pengunjung RS 1. Serah Terima Linen Kotor : a. Pihak keluarga pasien membawa linen kotor langsung ke Instalasi Laundry/ Pihak keluarga pasien telepon ke Instalasi laundry untuk mengambil linen keluarga pasien.
  9. 2. Penimbangan Linen Kotor : a. Linen kotor yang telah diambil oleh petugas laundry/diserahkan ke laundry dilakukan penimbangan. b. Petugas laundry membuat nota/kuitansi pelayanan laundry. c. Petugas Kasir menerima pembayaran pelayanan laundry. Bukti pembayaran yang akan digunakan oleh keluarga pasien untuk mengambil linen bersih.
  10. 3. Pencucian Linen Kotor : a. Petugas laundry mengambil linen keluarga pasien dari ruang penerimaan linen kotor. b. Linen dimasukkan ke dalam mesin cuci Non Pasien. c. Petugas laundry mengoperasionalkan mesin cuci sesuai SPO. d. Linen kotor dicuci dengan suhu 700C selama 20 menit. Pada proses pre wash ditambahkan desinfektan pre wash dengan dosis 5 ml/kg linen. Pada proses main wash ditambahkan liquid detergent dengan dosis 10 ml/kg linen dan oxygen bleach (untuk linen warna) dengan dosis 10 ml/kg linen, chlorine bleach (untuk linen putih) 10 ml/kg linen dan softener 5 ml/kg linen. e. Proses pencucian dilakukan selama 90 menit. f. Proses pencucian dilakukan dengan one customer one loading.
  11. 4. Pengeringan Linen : a. Petugas Laundry melakukan pengeringan dengan menggunakan mesin pengering. b. Tingkat suhu pengeringan berdasarkan pada bahan linen yang dikeringkan. Untuk bahan katun atau campuran suhu yang digunakan adalah 700C, sedangkan untuk bahan Klinikvinil dengan suhu 500C.
  12. 5. Packing Linen : a. Petugas laundry melakukan packing linen di ruang packing. b. Linen yang dipacking adalah linen yang sudah mengalami quality control baik noda maupun kelayanakan linen. c. Linen dipacking setiap customer berdasarkan data serah terima linen kotor.
  13. 6. Serah terima linen bersih : a. Petugas laundry menyerahkan linen bersih kepada customer dengan menggunakan buku serah terima linen bersih. b. Customer menyerahkan bukti pembayaran di kasir untuk pengambilan linen bersih.

2.     Infeksius Per Kg : Rp. 12.500,00

3.Non Infeksius per Kg :  Rp. 8.500,00

1. Pencucian Linen Kotor Pasien (Linen yang disediakan Rumah Sakit). 2. Pencucian Linen kotor dari keluarga pasien/pengunjung rumah sakit.

4.     Melalui SMS aduan ke nomor 081919883365.

5.Melalui e-mail : rsudwonosari06@gmail.com.
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Laundry RSUD Wonosari"