Standar Pelayanan Sterilisasi Unit CCSD

No. SK: 440/61/2021

  1. Perencanaan dan pengadaan
  2. Dekontaminasi dan pencucian
  3. Pengemasan dan pemberian tanda / etiket
  4. Proses Sterilisasi
  5. Penyimpanan
  6. Distribusi

  1. Pekerjaan dapat efektif dan efisien
  2. Menghindari terjadinya kontaminasi silang sehingga daerah bersih dannkotor hendak nya terpisah
  3. Jarak yang ditempuh sependek mungkin dan tidak bolakbalik
  4. Memudahkan dalam pemantauan.


1. Proses dekontaminasi awal mengunakan larutan Alkazyme dengan perbandingan 1 saset Alkazym diperlukan 5 liter air bersih yg kemudian dilakukan perendaman  selama 15 menit ,

2. Setelah 15 menit angkat alat medis  dan sikat berlahan lahan alat medis disetiap permukaan termasuk gerigi dan lekukan .

3.  Setelah 15 menit dilakukan pembilasan dengan air mengalir

4. kemudian dilanjitkan melakukan perendaman dengan larutan alkasid 2% selama 15 menit  lalu dibilas dengan air mengalir

Tidak dipungut biaya

1. 1.staf CSSD menerima alat/ bahan yang akan di seterilkan 2. Mencatat alat yang akan diseterilkan 3. Mencuci alat yang kotor dan dekontaminasi 4. Mengeringkan a lat 5. Mensorti alat layak / tidak 6. Kembalikan / sisihkan alat yang rusak 7. Mebungkus alat yang layak dan diberi lebel 8. Memasukkan alat yang sudah dibungkus/pacing ke dalam mesin sterilisator



Pengaduan, saran, dan masukan.nasional (melaboh-tapak tuan)  ujong patihah              

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Sterilisasi Unit CCSD"