Pelayanan Komunikasi, Informasi & Edukasi (Pelayanan Konseling Sanitasi)

  1. Pelayanan pasien yang menderita penyakit dan/atau gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh faktor risiko lingkungan.
  2. pelayanan pasien yang datang untuk berkonsultasi masalah kesehatan lingkungan (dapat disebut Klien)

  1. pasien mendaftar di ruang pendaftaran. - Petugas pendaftaran mencatat/mengisi kartu status. - Petugas pendaftaran mengantarkan kartu status tersebut ke petugas ruang pemeriksaan umum./KIA - Petugas di ruang pemeriksaan umum /KIA memberikan rujukan internal Untuk dilaksanakan Konseling tersebut, Tenaga Kesehatan Lingkungan mengacu pada Contoh Bagan dan Daftar Pertanyaan Konseling (terlampir). - Hasil Konseling dicatat dalam formulir pencatatan status kesehatan lingkungan dan selanjutnya Tenaga Kesehatan Lingkungan memberikan lembar saran/tindak lanjut dan formulir tindak lanjut Konseling kepada Pasien. - Pasien diminta untuk mengisi dan menandatangani formulir tindak lanjut Konseling. - Dalam hal diperlukan berdasarkan hasil Konseling dan/atau hasil surveilans kesehatan menunjukkan kecenderungan berkembang atau meluasnya penyakit atau kejadian kesakitan akibat Faktor Risiko Lingkungan, Tenaga Kesehatan Lingkungan membuat janji Inspeksi Kesehatan Lingkungan
  2. pelayanan pasien yang datang untuk berkonsultasi masalah kesehatan lingkungan (dapat disebut Klien) - Pasien mendaftar di ruang pendaftaran - Petugas pendaftaran memberikan kartu pengantar dan meminta Pasien menuju ke Ruang Promosi Kesehatan. - Pasien melakukan konsultasi terkait masalah kesehatan lingkungan atau penyakit dan/atau gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh faktor risiko lingkungan. - Tenaga kesehatan lingkungan mencatat hasil konseling dalam formulir pencatatan status kesehatan lingkungan, dan selanjutnya memberikan lembar saran atau rekomendasi dan formulir tindak lanjut konseling untuk ditindak lanjuti oleh pasien. - Pasien diminta untuk mengisi dan menandatangani formulir tindak lanjut konseling. - Dalam beberapa hal diperlukan berdasarkan hasil konseling dan kencenderungan berkembang atau meluasnya penyakit atau kejadian kesakitan akibat faktor risiko lingkungan, tenaga kesehatan lingkungan membuat janji dengan pasien untuk dilakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan dan selanjutnya pasien dapat pulang.

10 Menit

Tidak dipungut biaya

- Konseling, Inspeksi Kesehatan Lingkungan, Intervensi Kesehatan Lingkungan

- Scan Bestie
- Nomor aduan: 0354692089


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik " Pelayanan Komunikasi, Informasi & Edukasi (Pelayanan Konseling Sanitasi)"