Holistik

  1. Terdaftar sebagai pasien rawat inap RSUD dr. Sayidiman Magetan;
  2. Membutuhkan pelayanan kerohanian.

  1. A. PELAYANAN RAWAT INAP 1. Pelayanan Holistik dilakukan oleh Instalasi Kedokteran Holistik (IKH) RSUD dr. Sayidiman Magetan setiap hari kerja; 2. Petugas IKH menghubungi ruang rawat inap, untuk mendata pasien baru yang akan diberikan pelayanan. Petugas IKH menghubungi rohaniawan sesuai agamanya, kemudian petugas IKH dan rohaniawan visite ke ruangan rawat inap; 3. Petugas IKH bersama rohaniawan meminta ijin kepada pasien/keluarganya sebelum memberikan pelayanan; 4. Petugas IKH bersama rohaniawan memberikan motivasi dan doa kepada pasien/keluarga. Jika jumlah pasien banyak dalam satu ruangan, maka motivasi dan doa bisa dilakukan secara massal/berjama’ah; 5. Rohaniawan Islam (ustadz) memberikan edukasi kepada pasien dan keluarganya berkaitan tentang sakitnya, ibadah pasien selama sakit, dan mengajarkan tata cara ibadah pasien selama sakit seperti berwudhu, tayamum, sholat, dzikir-dzikir, dan doa. 6. Untuk rohaniawan non Islam memberikan edukasi kepada pasien dan keluarganya sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing; 7. Proses pemberian motivasi, edukasi, dan doa dilakukan secukupnya, tidak terlalu lama, juga tidak terlalu cepat. Kira-kira 10-20 menit, atau menyesuaikan dengan kondisi yang ada; 8. Apabila pasien atau keluarga menginginkan pendampingan lebih lanjut, atau memerlukan ruangan yang lebih privasi untuk konsultasi, maka bisa dilakukan di kantor IKH; 9. Jika pasien atau keluarga dipandang memerlukan follow up lebih lanjut dari tim IKH, maka dokter/perawat/bidan dapat mengkonsulkan kembali kepada tim IKH; 10. Kriteria-kriteria pasien yang memerlukan follow up lebih lanjut oleh tim IKH : - Pasien terminal/end stage; - Pasien kritis; - Pasien/keluarga yang membutuhkan pendampingan khusus, misal pasien dengan kendala psikis, dll. - Pasien pre dan post operasi; - Pasien hemodialisa 11. Seluruh kegiatan IKH didokumentasikan untuk selanjutnya dibuatkan laporannya; 12. Laporan disampaikan kepada Direktur setiap tahun, dan dibuat evaluasinya.
  2. B. PELAYANAN HOME VISITE 1. Home visite dilakukan sebulan 2x (tiap 2 minggu sekali); 2. Petugas Instalasi Kedokteran Holistik (IKH) melakukan pemilahan pasien yang akan dilakukan home visite dengan kriteria : - Pasien yang membutuhkan dukungan moral dan spiritual; - Pasien pasca operasi; - Pasien yang kesulitan mengurus dirinya; - Pasien dengan permasalahan kompleks 3. Setelah dilakukan pemilahan pasien, maka petugas menghubungi pasien/keluarganya apakah bersedia untuk dikunjungi atau tidak; 4. Tim Home Visite meliputi berbagai macam profesi antara lain dokter, perawat, bidan, apoteker, ahli gizi, fisioterapis, rohaniawan; 5. Tim Home Visite melakukan kunjungan ke rumah pasien dengan membawa peralatan yang diperlukan; 6. Tim Home Visite melihat perkembangan kondisi pasien, melakukan edukasi sesuai bidang masing-masing, melakukan tindakan apabila diperlukan seperti rawat luka dan lain-lain, memberikan motivasi, dan mendoakan pasien; 7. Petugas Kedokteran Holistik mendokumentasikan kegiatan yang dilakukan.

a.    Pelayanan Rawat Inap

1 X 24 jam setelah pasien dikonsulkan ke Instalasi Kedokteran Holistik

b.    Pelayanan Home Visite Waktu tunggu pasien 3 x 24 jam setelah pasien dihubungi

Seluruh biaya operasional ditanggung oleh RSUD dr. Sayidiman Magetan

a. Pelayanan Holistik di Ruang Rawat Inap b. Pelayanan Home Visite

    1.    Kotak saran

      2.      Telepon  (0351)-894952

      3.      Whatsapp : 0811 3335 2898

      4.      Email : rsud@magetan.go.id

      5.      Website : rsud.magetan.go.id

      6.      Facebook : Rsud Sayidiman Magetan

7.    Instagram : rsds.magetan

8.    Formulir Survei Kepuasan Masyarakat

       9.Secara Langsung
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Holistik"