Pelayanan Instalasi Farmasi

  1. 1. Umum : • Work Order dari Poli • Bukti pembayaran
  2. 2. Jaminan • Work Order dari Poli • Hasil pemeriksaan penunjang untuk obat-obat tertentu • Surat kontrol untuk obat-obat tertentu
  3. 3. Asuransi lain • Work order dari Poli • Rujukan • Kartu asuransi

  1. Prosedur pelayanan farmasi rawat jalan 1. Dokter menulis resep melalui resep manual atau elektronik 2. Dokter menuliskan nomor resep pada work order dan menyerahkan pada pasien 3. Pasien mencetak nomor antrian farmasi di mesin anjungan dengan memasukkan nomor rekam medis atau scan barcode pada work order poli 4. Atau mengumpulkan work order di loket 1 pada depo farmasi yang belum tersedian mesin anjungan. 5. Pasien menunggu panggilan penyerahan obat 6. Apoteker melakukan telaah/verifikasi resep dan melakukan konfirmasi jika ada masalah terkait resep 7. Petugas farmasi melakukan input ke billing pasien 8. Petugas farmasi mencetak etiket obat dan alat kesehatan 9. Petugas farmasi menyiapkan, meracik dan mengemas obat 10. Petugas farmasi menempel etiket dan melakukan verifikasi obat yang sudah disiapkan 11. Obat yang sudah selesai disiapkan akan di scan untuk mengirimkan pemberitahuan bahwa obat selesai disiapkan melalui pesan wa 12. Petugas farmasi memanggil pasien 13. Pasien yang dipanggil menyerahkan work order dan atau nomor antrian kepada petugas farmasi 14. Petugas farmasi menyerahkan obat kepada pasien disertai informasi obat sesuai kebutuhan pasien 15. Petugas farmasi memberikan edukasi obat kepada pasien kondisi khusus sesuai kebutuhan
  2. B. Prosedur pelayanan farmasi rawat inap 1. Dokter menulis resep untuk kebutuhan 1 hari atau lebih melalui resep manual atau elektronik 2. Apoteker melakukan penelusuran penggunaan obat dan rekonsiliasi obat kepada pasien baru 3. Apoteker melakukan telaah/verifikasi resep dan melakukan konfirmasi jika ada masalah terkait resep 4. Petugas farmasi melakukan input pemberian obat dan alat kesehatan ke billing pasien 5. Petugas farmasi mencetak etiket obat dan alat kesehatan 6. Petugas farmasi menyiapkan, meracik dan mengemas obat dan alat kesehatan untuk satu kali dosis pemakaian 7. Petugas farmasi menempel etiket dan melakukan verifikasi obat dan alat Kesehatan yang sudah disiapkan 8. Petugas farmasi menyerahkan obat dan alat kesehatan kepada petugas bangsal. 9. Petugas farmasi melakukan edukasi obat dan pemantauan penggunaan obat kepada pasien
  3. C. Prosedur pelayanan penghantaran obat 1. Pasien menuju loket penghantaran obat dan menyerahkan work order untuk memastikan alamat pasien masuk area pengiriman GrabExpress 2. Petugas farmasi melakukan telaah/verifikasi resep dan memberikan konfirmasi apakah obat dapat diantar 3. Untuk obat yang dapat diantar, petugas farmasi memberikan informasi dan edukasi terkait obat pasien yang akan diantarkan 4. Petugas farmasi menyiapkan resep sesuai alur 5. Petugas farmasi menyerahkan obat yang sudah jadi kepada petugas Grab 6. Petugas Grab melakukan order pengantaran 7. Driver Grab mengantar obat ke alamat pasien

waktu yang dibutuhkan untuk menyediakan obat non racik dan obat tersedia ditempat

Waktu Pelayanan 

Farmasi rawat inap dan IGD : 24 jam

Farmasi rawat jalan              : Senin-Sabtu (jam 07.30 - selesai)

Pencampuran Sitostatika       : Senin – Minggu (jam 08.00 – selesai)


SK direktur Direktur Nomor HK: 02.03/XI.3/256/2023 tentang tariff Pelayanan RSUP Dr Sardjito

1. Pelayanan obat dan alat kesehatan 2. Pelayanan konsultasi dan informasi obat 3. Pelayanan pencampuran obat & repacking sediaan steril 4. Pelayanan pencampuran (handling) obat Sitostatika 5. Pelayanan pencampuran & repacking sediaan non steril 6. Edukasi, pemantauan terapi obat dan visite pasien rawat inap baik visite mandiri maupun bersama tenaga kesehatan lain

1.WA Pengaduan : 081 12750 500

2. Telepon : 1500 705

3. Email : humas@sardjitohospital.co.id

4. Website : https://sardjito.co.id/

5. Kotak Saran

6. Petugas Pengaduan
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Instalasi Farmasi"