Sertifikasi Cara Distribusi Obat yang Baik

  1. NIB RBA
  2. Memiliki status KSWP valid untuk NPWP
  3. Memiliki akun yang dapat diakses melalui laman resmi Sertifikasi CDOB yaitu http://www.sertifikasicdob.pom.go.id
  4. Surat pernyataan bahwa pimpinan puncak dan direksi tidak pernah terlibat tindak pidana di bidang obat.
  5. Khusus untuk pengajuan Sertifikat Baru diharuskan menyertakan: ? Izin PBF atau pengakuan sebagai PBF Cabang; ? Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA) Penanggung Jawab; ? Denah lokasi dan tata letak (layout); ? Daftar produk yang didistribusikan; ? Struktur organisasi; ? Daftar personalia dan uraian kerja (jobdesk); ? Daftar peralatan atau perlengkapan; ? Kebijakan mutu dan daftar SOP; ? Dokumen inspeksi diri
  6. Khusus untuk Perpanjangan Sertifikat diharuskan diiajukan paling cepat 12 (dua belas) bulan dan paling lambat 6 (enam) bulan .sebelum masa berlaku Sertifikat CDOB berakhir

  1. Melakukan pengajuan sertifikasi CDOB melalui PB-UMKU di OSS RBA sesuai dengan KBLI dan akan terkoneksi ke aplikasi Sertifikasi CDOB yaitu http://www.sertifikasicdob.pom.go.id. Alur setelah mendapatkan akun : a. Pemohon melakukan input data secara elektronik dan mengunggah dokumen pendukung ke subsite http://www.sertifikasicdob.pom.go.id. b. Jika hasil evaluasi dokumen dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat, BBPOM di Samarinda menerima surat delegasi dari Direktur Pengawasan Distribusi ONPP untuk melakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan CDOB melalui aplikasi https://srikandi.arsip.go.id/ (4 hari kerja) c. BBPOM di Samarinda melakukan pemeriksaan sarana dan menginput hasil pemeriksaan sarana dalam aplikasi (14 hari kerja). d. Jika hasil pemeriksaan sesuai, akan direkomendasikan untuk mendapatkan Sertifikat CDOB. e. Jika hasil pemeriksaan terdapat ketidaksesuaian, akan diminta unuk membuat CAPA. f. PBF menyampaikan CAPA maksimal 2 (dua) kali dan diberikan waktu penyelesaian CAPA masing-masing 40 hari kerja. g. Petugas melakukan evaluasi CAPA (2x12 hari kerja). h. Jika hasil evaluasi CAPA dinyatakan sesuai, akan direkomendasikan untuk mendapatkan Sertifikat CDOB (7 hari kerja). i. Badan POM menerbitkan Sertifikat CDOB

Waktu penyelesaian merupakan waktu
paling lama yang ditetapkan untuk
mengeluarkan produk layanan serta
dokumen dinyatakan lengkap dan benar.

- Biaya/ tarif merupakan biaya yang harus dibayar sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak sesuai ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

- Pembayaran biaya/ tarif dibayarkan sebelum permohonan pelayanan publik diproses.

- Dalam hal permohonan ditolak, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Rekomendasi sertifikat CDOB

Pemohon dapat melakukan pengaduan atas
pelaksanaan Pelayanan Publik di lingkungan
Balai Besar POM di Samarinda
b. Pengaduan sebagaimana dimaksud, terdiri
atas: Pemberian informasi adanya indikasi
terjadinya
penyimpangan
atau
penyalahgunaan wewenang yang dilakukan
oleh
Pelaksana,
sehingga melibatkan
kerugian Pemohon/Negara; Permintaan
klarifikasi,konfirmasi
atau
pengaduaan
terkait penyimpangan Pelayanan Publik di
lingkungan Balai Besar POM di Samarinda.
c. Pengaduan disampaikan secara langsung
melalui ULPK (Unit Layanan Pengaduan
Konsumen) dan melalui media pelaporan
sebagai berikut :
1. sangintegritas.pom.go.id
2. wbsbbpom.smd@gmail.com
3. nomor WA 0811555757
4. https://bit.ly/AyoAdukanPungliGratifikasi
5. Kotak Pengaduan

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store