Pelayanan Pemberian Pil KB

No. SK: 071 Tahun 2022

  1. Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)

  1. 1. Konseling Awal 2. Sapa klien dengan ramah dan perkenalkan diri anda serta tanyakan tujuan dan kedatangannya 3. Berika informasi tentang jenis kontrasepsi yang tersedia dan keuntungan dari masing masing kontrasepsi 4. Tunjukkan dimana alkon tersebut digunakan 5. Jelaskan bagaimana cara kerja alkon 6. Jelaskan kemungkinan efek samping dan masalah kesehatana lainnya yang mungkin dialami 7. jelaskan efek samping yang umumnya dialami oleh klien 8. jelaskan apa yang bisa diperoleh dari kunjungannya 9. berika jaminan akan kerahasiaan yang diperlukan klien Tahap Pra Interaksi 1. Melakukan Verifikasi data sebelumnya bila ada 2. menempatkan alat di dekat pasien dengan benar Tahap Orientasi 1. memberikan salam sebagai pendekatan teraupetik 2. menjelaskan tujuan dan prosedur tindakan kepada keluarga/pasien 3. memberikan kesempatan kepada pasien untuk bertanya 4.menanyakamn kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan Tahap Kerja 1. petugas menerima ibu atau akseptor kb dari loket pendaftaran di poli KB 2. petugas mempersiapkan alat dan bahan medis yang diperlukan 3. mempersiapkan akseptor 4. petugas mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir dan keringkan 5. petugas memakai APD 6. petugas melakukan anamnese 7. petugas melakukan pengisian status sesuai dengan hasil anamnese 8. petugas melakukan pemeriksaan 9.petugas mempersiapkan PIL KB 10. petugas memberikan pil kb 11. petugas memberikan penyuluhan 12. petugas menyerahkan kartu KB yang sudah diisi kepada akseptor (K-1) 13. petugas mencatat hasil pelayanan di K-4 dan register KB 14. Petugas mendeteksi bila ada kelainan dan dirujuk ke dokter spesialis 15. petugas melakukan rujukan ke poli umum atau laboratorium bila ada indikasi. 9.

1. Jenis Pil KB

2. Pencatatan dan Penyuluhan

a. Kartu rawat jalan

b. Kartu KB ( K-1 )

c. Poster Penyuluhan

d. Register

e. Buku Bantu

f. Surat pengantar  rujukan

Tidak dipungut biaya

Obat, Informasi kesehatan

Jika ada masalah

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

081273054786