6.2 Pelayanan Radiologi

No. SK: 800/558.1/RSU

  1. 1. Pasien sudah mendaftar diloket pendaftaran
  2. 2. Pasien membawa surat egibilitas pasien (SEP)
  3. 3. Dokumen Medis tersedia
  4. 4. Persyaratan Administrasi Lengkap

  1. Pasien mendapat surat pengantar/Surat Egibiltas Pasien dari dokter yang ada dipoliklinik
  2. Pasien membawa surat egibiltas pasien( SEP )/ surat pengantar dokter dan diserahkan kepada petugas Radiographer
  3. Petugas Radiographer menerima surat pengantar /surat egibilitas pasien dari konsul interna poliklinik lain
  4. Petugas Radiographer menerima konsul interna dari setiap ruangan rawat inap dan ruangan IGD isolasi covid 19 dan ruangan rawat inap isolasi covid 19
  5. Petugas Radiographer menerima surat pengantar dari ruangan IGD untu tindakan pemeriksaan radiologi penunjang
  6. Apabila ada pasien diruangan rawat inap isolasi covid 19 dan ruangan IGD isolasi Covid 19 , maka petugas Radiographer membawa alat mobile radiologi ke ruangan rawat inap isolasi dengan memakai APD lengkap dan berstandar
  7. Petugas Radiographer memasukkan data-data identitas pasien kedalam komputer
  8. Pasien menunggu pemanggilan untuk diperiksa oleh petugas Radiographer
  9. Petugas Radiographer memanggil pasien untuk masuk ke ruang radiasi untuk dilakukan tindakan radiographi sesuai pengantar dari dokter
  10. Pemeriksaan Radiologi sesuai dengan permintaan klinis dokter
  11. Petugas Radiographer memastikan benar-benar pasien yang namanya tercantum dalam surat permintaan pemeriksaan radiologi
  12. Setiap Petugas Radiographer yang melakukan pemeriksaan radiogrphi harus memakai TLD ( alat monitoring radiasi
  13. Petugas Radiographer melakukan tindakan pemeriksaan radiographi ke pasien
  14. Pemeriksaan dan tindakan radiographi melalui pemilihan factor posisi yang sesuai dengan jenis dan tujuan pemeriksaan dari surat pengantar
  15. Hasil dari pemeriksaan Radiographi sesuai dengan image kriteria yang telah ditentukan
  16. Sebelum melakukan tindakan radiographi pastikan bahwa tidak ada seorang pun kecuali pendamping bila diperlukan diruang radiasi , pintu kamar radiasi sudah ditutup rapat sehingga tidak memungkinkan orang lain masuk
  17. Pendamping pasien yang ada diruang radiasi diberi memakai alat monitoring radiasi
  18. Petugas Radiographer melakukan tindakan radiographi kepada pasien di ruang radiasi
  19. Setelah pasien dilakukan pemeriksaan radiologi dipersilahkan menunggu untuk proses editing foto guna menghindari kekurangan dari hasil imajing dan segera dilakukan perbaikan bila diperlukan
  20. Untuk pemeriksaan dengan bahan kontras pastikan bahwa formulir inform consent telah ditanda tangani oleh pasien /keluarga pasien
  21. Proses pembacaan hasil radiologi dilakukan oleh dokter spesialis Radiologi
  22. Petugas radiographer memberikan hasil foto film radiologi kepada pasien
  23. Pasien menerima hasil dari foto film dari petugas radiographer beserta balasan surat pengantar dokter atau surat egibilitas pasien
  24. Pasien membawa hasil foto film beserta surat pengantar dokter atau surat egibilitas pasien ke poliklinik yang dituju
  25. Petugas Radiographer menyimpan data identitas pasien kedalam computer dan kedalam buka rawatan pasien

Senin- Kamis :  Pagi      : 07.30 – 14.30 wib

                           Sore      : 14.30 – 21.00 wib

                           Malam : 21.00 -  08.00 wib

Jumat             :  Pagi      : 07.30 – 12.00 wib

                           Sore     : 12.00 –  20.00 wib

                           Malam : 20.00 -  08.00 wib

Sabtu             : Pagi       :  08.00 -  12.30 wib

                          Sore      : 12.30 – 20.30 wib

                          Malam  : 20.30 – 08.00 wib

Minggu          : Pagi       : 08.00 – 14.30 wib

                          Sore      : 14.30 – 21.00 wib

                          Malam  : 21.00 – 08.00 wib

Dalam kondisi tertentu ada penambahan waktu/jam pelayanan.


Mengacu kepada:

1.    Tarif pelayanan BPJS kesehatan

2.    Tarif pelayanan pasien umum berdasarkan peraturan daerah


Pemeriksaan radiographi

Penanganan Pengaduan:

1.    Penerimaan aduan

2.    Identifikasi Awal

3.    Pengumpulan Fakta di Lapangan

4.    Analisis Masalah

5.    Penyelesaian masalah oleh pihak terkait

6.    Menjawab penyelesaian masalah kepada pelapor

7.    Monitoring pengelolaan pengaduan

8.    Pelaporan

9.    Dokumentasi

          10.    Pengarsipan


Media :

1.    Tatap muka langsung

2.    Facebook  : Rsu dr’Ferdinand Lumban Tobing

3.    Instagram : rsu_sibolga

4.    Email        : rsufltobing@yahoo.com

5.    No. IGD     : (0631) 26118

6.    Call Center

7.    Survey Kepuasan Masyarakat

8.    Kotak Saran



Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "6.2 Pelayanan Radiologi"