Pelayanan Kasir

No. SK: 575 tahun 2023

  1. UMUM 1) KTP 2) KK
  2. BPJS 1) KARTU BPJS AKTIF 2) KTP 3) TERBIT SEP ( Surat Eligibilitas Peserta )
  3. JASA RAHARJA 1) SURAT KETERANGAN POLISI 2) KTP 3) KK 4) SURAT KUASA JASARAHARJA (DISEDIAKAN OLEH RS SERTA COTO COPY KTP KUASA)
  4. KEMENKES 1) KTP 2) KK 3) SURAT PERNYATAAN 4) PCR POSITIF
  5. BPJS TK 1) Formulir JKK Tahap 1 2) Copy KTP, Kartu BPJSTK, Absensi, surat tugas (jika dinas luar) 3) Surat ket kronologis kejadian 4) Laporan Kecelakaan polisi ( bila lakalantas) / Surat keterangan 2 orang saksi ( KTP saksi dilampirkan), apabila saat sedang tugas/ dinas luar kantor bisa melampirkan surat tugas/ Surat Perintah Kegiatan. 5) Berita Acara Kecelakaan oleh perusahaan ( bila kecelakaan di dalam lingkungan perusahaan ) 6) Surat Pernyataan PLKK 7) Formulir JKK Tahap 2
  6. ADMEDIKA 1) KTP 2) KARTU ASURANSI 3) SURAT PERNYATAAN

  1. RAWAT JALAN IGD Pasien rawat jalan umum IGD 1) Pasien datang setelah mendapatkan pelayanan di IGD 2) Kasir konfirmasi dengan Perawat dan dokter untuk penginputan SOAP dan Tindakan 3) Kasir Konfirmasi dengan Depo Farmasi IGD untuk Validasi Obat pemakaian pasien 4) Kasir Menagihan ke keluarga pasien sesuai total tagihan 5) Keluarga Pasien/Pasien Melakukan Pembayaran dapat menggunakan Cash, Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank)
  2. Pasien rawat jalan Bpjs IGD 1) Pasien tanpa ke kasir setelah mendapat pelayanan IGD 2) Kasir konfirmasi dengan Perawat dan dokter untuk penginputan SOAP dan Tindakan 3) Kasir melakukan closing dan memastikan SEP IGD sesuai dengan identitas pasien
  3. Pasien rawat jalan admedika IGD 1) Pasien datang setelah mendapatkan pelayanan di IGD 2) Kasir meminta kartu admedika dan form laporan medis dari petugas pendaftaran IGD 3) Kasir konfirmasi dengan Perawat dan dokter untuk penginputan SOAP dan Tindakan 4) Kasir melakukan cek out admedika sesuai total tagihan pasien 5) Jika ada selisi biaya atrau diagnose tidak dijamin oleh asuransi bias menggunakan pembayaran menggunakan Cash, Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank)
  4. Pasien rawat jalan BPJS TK IGD 1) Pasien datang setelah mendapatkan pelayanan di IGD 2) Kasir kordinasi dengan petugas pendaftaran serta bagian casemix untuk memastikan kelengkapan berkas –berkas BPJS TK 3) Kasir konfirmasi dengan Perawat dan dokter untuk penginputan SOAP dan Tindakan 4) Kasir melakukan closing dan memastikan bekas-berkas BPJS TK sesuai dengan identitas pasien
  5. Pasien rawat jalan JASA RAHARJA IGD 1) Pasien datang setelah mendapatkan pelayanan di IGD 2) Kasir kordinasi dengan petugas pendaftaran serta bagian casemix untuk memastikan kelengkapan berkas –berkas Jasa raharja 3) Kasir konfirmasi dengan Perawat dan dokter untuk penginputan SOAP dan Tindakan 4) Kasir melakukan closing dan memastikan bekas-berkas BPJS TK sesuai dengan identitas pasien 5) Jika ada selisi biaya atrau diagnose tidak dijamin oleh asuransi bias menggunakan pembayaran menggunakan Cash, Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank)
  6. Pasien rawat jalan KEMENKES IGD 1) Pasien datang setelah mendapatkan pelayanan di IGD 2) Kasir kordinasi dengan petugas pendaftaran mengenai kelengkapan berkas 3) Kasir konfirmasi dengan Perawat dan dokter untuk penginputan SOAP dan Tindakan 4) Kasir melakukan closing pasien kemenkes dengan memperhatikas berkas-berkas pasien
  7. RAWAT JALAN POLIKLINIK Rawat jalan Pasien Umum 1) Kasir mendaftarkan pasien yang sudah mempunyai Nomor Rekam Medis ke Poli Tujuan 2) Pasien membayar biaya pendaftaran Rp.55.000 dapat menggunakan Cash, Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank) 3) Pasien datang lagi ke Kasir setelah mendapatkan pelayanan dari Poli,Kasir konfirmasi ke perawat jika belum ada inputan,Lalu Konfirmasi ke Farmasi untuk Validasi Obat. 4) Pasien melakukan pembayaran menggunakan Cash, 5) Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank
  8. Rawat Jalan Admedika Pasien datang setelah mendapatkan pelayanan di IGD 1) Kasir meminta kartu admedika dan form laporan medis dari petugas pendaftaran rawat jalan 2) Kasir melakukan cek out admedika sesuai total tagihan 3) Jika ada kendala asuransi kasir melakukan konfirmasi dengan Pihak Penagihan agar bisa menghubungi callcenter asuransi tsb. 4) kasir melakukan penginputan ke sistem asuransi dan ditagihkan ke pasien (jika ada selisih)
  9. PASIEN RAWAT INAP Pasien rawat inap umum : 1) Petugas ruangan perawatan melapor dan melogin pulang pasien umum yang akan pulang ke bagian kasir 2) Keluarga pasien datang ke kasir rawat inap untuk menyelesaikan administrasi rawat inap 3) Kasir Menagihan ke keluarga pasien sesuai total tagihan 4) 4Keluarga Pasien/Pasien Melakukan Pembayaran dapat menggunakan Cash, Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank)
  10. Pasien rawat inap BPJS : 1) Petugas ruangan perawatan melapor pasien BPJS yang akan pulang ke bagian kasir 2) Kasir melakukan kroscek SEP Rawat Inap 3) Kasir closing setelah di login pulang oleh perawat tanpa keluarga ke bagian kasir 4) Jika pasien ada selisih biaya bisa menggunakan pembayaran Cash, Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank)
  11. Pasien rawat inap jasa raharja : 1) Petugas ruangan perawatan melapor pasien jasa raharja yang akan pulang ke bagian kasir 2) Kasir kordinasi dengan pihak casemix mengenai kelengkapan berkas ( suketpol,ktp pasien, surat kuasa jasa raharja serta ktp ) 3) Kasir closing setelah di login pulang poleh perawat tanpa keluarga ke bagian kasir 4) Jika pasien ada selisih biaya bisa menggunakan pembayaran Cash, Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank)
  12. Pasien rawat inap kemenkes 1) Petugas ruangan perawatan melapor pasien jasa raharja yang akan pulang ke bagian kasir 2) Kasir melakukan kroscek kelengkapanberkas kemenkes Rawat Inap 3) Kasir melakukan closing setelah di login pulang oleh perawat
  13. Pasien rawat inap asuransi admedika 1) Petugas ruangan perawatan melapor pasien asuransi admedika yang akan pulang ke bagian kasir 2) Kasir kordinasi dengan pihak casemix mengenai kelengkapan berkas (SP,LOA dan ahir, jaminan awal dan ahir serta billing approv dari pihak asuransi) 3) Keluarga pasien datang ke kasir untuk pengurusan administrasi rawat inap 4) Kasir menjelaskan ke keluarga pasien mengenai billing asuransi admedika 5) Kasir closing setelah di login pulang oleh perawat dan Jika pasien ada selisih biaya bisa menggunakan pembayaran Cash, Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank)
  14. Pasien rawat inap Bpjs TK 1) Petugas ruangan perawatan melapor pasien jasa raharja yang akan pulang ke bagian kasir 2) Kasir kordinasi dengan pihak casemix mengenai kelengkapan berkas 3) Kasir closing setelah di login pulang oleh perawat 4) Jika pasien ada selisih biaya bisa menggunakan pembayaran Cash, Kartu Debit/Kredit,Qris (Ovo,Gopay,Qris Bank)

1 Hari kerja

1) Pasien Umum: Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Nomor 128 tahun 2022 tentang Tarif Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu. 

2) Pasien Kemenkes: Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1112/2022 tentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Pelayanan pasien Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). 

3) Pasien JKN: Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2023 tentang Standar Pelayanan Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan. 

4) Pasien Asuransi admedika: Mengikuti peraturan yang berlaku

 5) Pasien JASA RAHARJA: Mengikuti peraturan yang berlaku

Kasir IGD 1. Pembayaran pasien IGD Kasir Rawat jalan 1. Pembayaran pasien Poliklinik 2. Pembayaran pasien MCU Kasir Rawat inap 1. Pembayaran pasien rawat inap

1) Email : rsudpasarminggu@jakarta.go.id 

2) Telp : 021 2905 9999 

3) Whatsapp : 0811 8712 752

 4) Kotak saran

 5) Petugas informasi dan customer service

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Kasir "