Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Politeknik Pariwisata Makassar

  1. Persyaratan Umum : Siswa Lulusan SLTA (SMA/SMK/Sederajat)
  2. Kategori Umum : Rapor dan Ijazah/SKL/Kartu Ujian Sekolah
  3. Kategori Prestasi : Siswa/i tahun terakhir pada jenjang pendidikan menengah yang lulus pada tahun 2023, Memiliki bukti prestasi akademik dan non akademik pada tahun 2023, Mengikuti tes wawancara (luring/offline).
  4. Kategori Wirausaha : Memiliki rintisan produk/ model bisnis wirausaha pribadi atau keluarga inti, Dokumen keterangan usaha (NIB) dan sejenisnya, Mengikuti tes wawancara (luring/offline).
  5. Kategori Kerja Sama : Direkomendasikan oleh pimpinan instansi/ institusi/ organisasi profesi yang memiliki MoU atau PKS masih berlaku, Kesesuaian rekomendasi dengan kebutuhan dari instansi/ institusi/ organisasi, Mengikuti tes wawancara (luring/offline).
  6. Kategori Prioritas Pariwisata : Surat rekomendasi dari pimpinan pada destinasi prioritas/ super prioritas, Surat rekomendasi dari kepala Desa Wisata yang memiliki MoU yang masih berlaku dengan Poltekpar Makassar, Kesesuaian rekomendasi dengan kebutuhan dari institusi/ instansi/ organisasi, Mengikuti tes wawancara (luring/offline).
  7. Kategori Dudika : Surat rekomendasi dari pimpinan industri pariwisata yang memiliki MoU yang masih berlaku dengan Poltekpar Makassar, Kesesuaian rekomendasi dengan kebutuhan industri (DUDIKA), Mengikuti tes wawancara (luring/offline).
  8. Ketegori Pemberdayaan Masyarakat : Surat rekomendasi dari kepala wilayah domisili sekitar kampus Poltekpar Makassar, KTP/ Surat keterangan domisili sekitar kampus Poltekpar Makassar, Mengikuti tes wawancara (luring/offline).
  9. Kategori Rekognisi Pembelajaran Lampau : Memiliki ijazah dan transkrip nilai pada Pendidikan diploma-3 Akademi Pariwisata/ Sekolah tinggi pariwisata/ Politeknik Pariwisata yang berada di bawah naungan Kemenparekraf, Memiliki IPK minimal 3.00, Pilihan program studi linier, Mengikuti tes wawancara (luring/offline).

  1. Melakukan pendaftaran melalui website SMM-Poltekpar Makassar https://smm.poltekparmakassar.ac.id
  2. Setelah pendaftaran berhasil, cetak dan kirim email tanda registrasi awal yang berisikan informasi Nomor Rekening Pembayaran (Virtual Account).
  3. Untuk informasi tatacara pembayaran dapat dilihat pada email masuk yang digunakan pada saat melakukan pendaftaran
  4. Melakukan pembayaran melalui Teller Bank BNI, ATM BNI, Mobile Banking BNI, Internet Banking BNI, atau ATM Bersama dari Bank Lain.
  5. Peserta melakukan login pada akun SMM-Poltekpar Makassar melalui website https://smm.poltekparmakassar.ac.id lalu klik masuk (login).
  6. Masukkan Nomor Pendaftaran sebagai Login ID dan tanggal/bulan/tahun lahir sebagai PIN/Password.
  7. Pendaftar melakukan pengisian Biodata (Data Pendaftar, Domisili, Orang Tua, dan Sekolah).
  8. Upload foto formal terbaru latar merah atau biru max ukuran 2 MB.
  9. Lakukan Finalisasi Data dan cetak Kartu Ujian Seleksi.

3 Bulan

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2018 TENTANG JENIS DAN TARIF ATAS JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK YANG BERLAKU PADA KEMENTERIAN PARIWISATA

Penerimaan mahasiswa baru

Pelayanan Pengaduan :

  • Gedung Rektorat Kampus Politeknik Pariwisata Makassar, Jl. Gunung Rinjani No. 1, Kota Mandiri Tanjung Bunga, Makassar - 90244 Sulawesi Selatan
  • Telepon : 0411-838456
  • Whatsapp :0811 1101374
  • Email: info@poltekparmakassar.ac.id
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

smm.poltekparmakassar.ac.id

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Politeknik Pariwisata Makassar"