Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (Penerapan Kepatuhan Cuci Tangan)

  1. Sabun dan air (handwash)
  2. Cairan antiseptic (Handrub)
  3. Pembersih tangan bedah (Surgical Handwash)

  1. A. Cuci Tangan dengan Sabun dan air (handwash) a. Buka perhiasan yang digunakan, basahi tangan dengan air mengalir, tuangkan sabun ke telapak tangan 3 – 5 cc. Ratakan dengan kedua telapak tangan b. Gosok punggung dan sela – sela jari tangan kiri dan kanan lakukan sebaliknya c. Gosok kedua telapak tangan dan sela – sela jari d. Jari – jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci dan digosokkan e. Gosok ibu jari kiri dengan gerakan berputar dalam genggaman tangan kanan dan dilakukan sebaliknya f. Gosok ujung jari tangan kanan di telapak tangan kiri dengan gerakan memutar berlawanan arah jarum jam dan lakukan sebaliknya. Bilas kedua tangan dengan air mengalir, keringkan tangan dengan tisue sekali pakai, gunakan bekas tisue tersebut untuk menutup keran air. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 1 menit
  2. Cuci tangan dengan cairan antiseptik (handrub) 1. Buka perhiasan yang digunakan,tuangkan cairan antiseptik berbasis alkohol ke telapak tangan sebanyak 3 – 5 cc, gosokkan kedua telapak tangan hingga merata 2. Gosok punggung dan sela – sela jari tangan kiri dan tangan kanan dan sebaliknya 3. Gosok kedua telapak tangan dan sela – sela jari 4. Jari – jari sisi dalaam kedua tangan saling mengunci dan saling digosokkan 5. Gosok ibu jari tangan kiri dalam genggaman tangan kanan dengan gerakan memutar dan lakukan sebaliknya 6. Gosok ujung jari tangan kiri di telapak tangan kanan dengan gerakan memutar berlawanan arah jarum jam Penggunaan handrub hanya 30 – 40 detik g. Pasien/ keluarga/ masyarakat mengajukan pengaduan ke unit pengaduan
  3. Cuci tangan bedah (Surgical Handwash) 1. Buka perhiasan yang digunakan, basahi tangan dengan air mengalir, gunakan cairan antiseptik 2. Cuci tangan dan lengan bawah secara menyeluruh dan bilas dengan air mengalir 3. Gunakan cairan antiseptik lagi, sebarkan ke seluruh permukaan tangan dan lengan bawah 4. Mulai dengan tangan, gunakan pembersih kuku untuk membersihkan daerah bawah kuku kedua tangan 5. Cuci tiap jari di empat sisi, berikutnya scrub daerah pergelangan tangan pada tiap tangan 6. Setelah seluruh pergelangan tangan discrub, pastikan gerakan dari bawah lengan menuju siku 7. Ulangi pada lengan satunya dari lengan menuju siku, bilas tangan dan lengan bawah secara menyeluruh. Pastikan tangan ditahan lebih tinggi dari siku 8. Biarkan sisa air menetes melalui siku, keringkan dengan handuk steril, sekarang tangan sudah aman.

Saat berada di rumah sakit dan pada saat pelaksanaan
bedah


Tidak dipungut biaya

Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi dalam bentuk Sosialisasi

Kotak Saran
Survey Kepuasan Masyarakat/ Kuisioner


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (Penerapan Kepatuhan Cuci Tangan)"