Standar Pelayanan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS)

No. SK: 188.4/ /Kep/434.203.100/2022

  1. Surat permintaan darah dari DPJP
  2. Sampel ( contoh ) darah pasien

  1. Petugas menerima Formulir permintaan darah dan contoh darah yang disimpan di dalam tabung.
  2. Mencocokkan identitas pasien antara formulir permintan darah dengan label yang tertempel pada tabung yang berisikan contoh darah, antara lain: Nama, nomer rekam medis, umur, alamat, nama ruang. Bila tidak cocok, maka petugas bank darah menghubungi ruangan untuk membawa kembali berkas dan sample darah pasien.
  3. Mengkoreksi kelengkapan isian formulir permintaan darah yang sudah diisi oleh petugas ruangan antara lain : diagnosa, riwayat transfusi, reaksi transfusi, tanggal jam diperlukan, jenis permintaan (cito atau biasa), jenis komponen yang diminta dan jumlah kantong yang diperlukan, tanda tangan dan nama dokter yang meminta transfusi.
  4. Melakukan uji cocok serasi antara darah sampel dan darah pasien
  5. Menyerahkan kantong darah ke pasien sesuai kebutuhan

  1. 30 – 50 menit (Pemeriksaan tes cocok serasi dengan metode gell test)
  2. 50 menit < 1 xss=removed> tes cocok  serasi dengan metode tabung)
  3. 4 – 8 jam jika di kerjakan di PMI ( stok darah di PMI terpenuhi )
  4. Permintaan Cito permintaan tanpa crossmatch (15 menit jika stok darah di BDRS terpenuhi)

  1. Pasien Umum : Peraturan Bupati Sampang Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Tarif Layanan RSUD dr. Mohammad Zyn Kabupaten Sampang yang menerapkan pola pengelolahan keuangan BLUD 
  2.  Pasien BPJS : Paket Tarif INACBGs.

Kantong darah yang sudah melalui uji cocok serasi

  1. Kotak Saran
  2. Sosial Media RS :
    1. Instagram : rsmz.sampang
    2. Facebook : Rsud Mohammad Zyn
    3. TikTok : @rsmz.sampang
    4. YouTube : RSUD dr. Mohammad Zyn
    5. Email : rsud.dr.mohammad.zyn@gmail.com
  3. Website RS : rsud.sampangkab.go.id 
  4. Customer Service RS & PIPP
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS)"