Layanan Bebas Pustaka

No. SK: 409/SK/F10.D/UI/2022

  1. Tugas akhir yang diserahkan dengan lengkap dalam bentuk Hardcopy (tercetak) dan Softcopy (elektronik). Kelengkapan tugas akhir meliputi: sampul, halaman sampul, lembar orisinalitas lembar pernyataan bebas plagiat, lembar pengesahan, kata pengantar, lembar publikasi tugas akhir kepada UI, abstrak, abstract, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, daftar istilah, isi, daftar pustaka dan lampiran (jika ada). Hardcopy harus diprint bolak-balik dimulai dari bab 1 sampai dengan akhir
  2. Lembar yang terdapat tandatangan (lembar orisinalitas, pernyataan bebas plagiat, lembar pengesahan, dan publikasi tugas akhir kepada UI) dalam bentuk Hardcopy diharuskan asli bukan fotokopi atau cropping tanda tangan digital
  3. Softcopy tugas akhir harus identik dengan hardcopy tugas akhir, halaman yang terdapat tanda tangan tidak boleh kosong harus dilengkapi dengan scan tanda tangan bukan hasil cropping tanda tangan digital
  4. Softcopy yang diserahkan adalah tugas akhir dalam bentuk file pdf, naskah ringkas dalam bentuk file ms. Word, dan form. Publikasi naskah ringkas dalam bentuk jpg/ pdf. Melalui link elektronik formulir layanan bebas Pustaka sesuai dengan jenjang Pendidikan yang ditempuh
  5. Mahasiswa meminta surat bebas pustaka dari perpustakaan UI sebagai bukti tidak ada pinjaman di Perpustakaan UI dan surat bebas pustaka tersebut diserahkan ke Pusinfokesmas
  6. Mahasiswa yang sudah mendapatkan surat keterangan bebas pustaka artinya mahasiswa yang tercantum namanya tidak lagi memiliki pinjaman buku maupun tanggungan lain terhadap Pusinfokesmas dan sudah tidak menjadi anggota Pusinfokesmas lagi

  1. Mahasiswa mengisi data diri dan mengupload file digital tugas akhir (skripsi/tesis/disertasi) yang sudah di tanda tangani asli dan softcopy (digital) tugas akhir dalam pdf dan naskah ringkas (manuskrip) dalam doc/docx ke dalam Google Form Layanan Bebas Pustaka sesuai dengan tingkat Pendidikan: - S1: bit.ly/bebaspustakapusinfokesmasS1 - S2 dan S3: bit.ly/bebaspustakapusinfokesmasS2
  2. Staf layanan Pusinfokesmas mengecek status peminjaman
  3. Staf layanan memeriksa kelengkapan softcopy tugas akhir (pdf), naskah ringkas (doc/docx) publikasi naskah ringkas (jpg/pdf), Surat Bebas Pustaka Perpus UI, Form Bebas Pustaka Pusinfo yang sudah ditandatangani oleh Dosen Pembimbing
  4. Staf layanan mengirim respon pengajuan Bebas Pustaka melalui email
  5. Mahasiswa menyerahkan hardcopy tugas akhir ke Pusinfokesmas sesuai dengan persyaratan dan sesuai dengan file digital yang diajukan melalui e-form layanan
  6. Staf layanan mengecek kelengkapan dan kesesuaian hardcopy yang diserahkan, jika sudah sesuai akan diberi surat keterangan penyerahan tugas akhir

Waktu Pelayanan (Kondisi Normal):

Senin – Jumat, 08.00 – 18.00

(tutup sementara saat shalat jumat, 11.30 – 13.00)

Sabtu, 09.00 – 17.00

 

 Waktu Pelayanan (Kondisi New Normal):

Senin – Jumat, 09.00 – 15.00

(tutup sementara saat shalat jumat, 11.30 – 13.00)

Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional tutup.


Tidak dipungut biaya

Formulir bebas pustaka perpustakaan pusat UI dan formulir checklist bebas pustaka

Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan melalui:

Aplikasi E-Komplain: http://komplain.fkm.ui.ac.id/

Whatsapp             : 081319288552
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Layanan Bebas Pustaka"