SIMANTAN adalah akronim dari Sistem Informasi Manajemen Tata Persuratan.
SIMANTAN adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk internal warga Pengadilan
Agama Purwakarta dalam mengelola tata persuratan, baik itu surat masuk, surat
keluar maupun pengarsipan.
Salah satu hal utama yang melatarbelakangi digagasnya aplikasi ini adalah
karena adanya beberapa masalah yang menghambat proses pengaksesan data surat
menyurat atau disposisi surat di internal Pengadilan Agama Purwakarta. Misalnya
sulitnya mencari data surat masuk, surat keluar maupun disposisi surat, serta sulitnya
menampilkan data surat mana saja yang masih diperlukan ataupun sudah harus
dibuang (dihapus). Persoalan ini timbul karena pengolahan data-data persuratan yang
masih dikelola secara manual dan belum terkomputerisasi. Belum lagi soal
penyimpanan arsip surat yang masih belum tersusun rapi, sehingga seringkali dalam
proses pencarian surat menemukan kendala.
Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, Pengadilan Agama Purwakarta
membuat sebuah Aplikasi Sistem Informasi Managemen Tata Persuratan
(SIMANTAN) dengan tujuan di antaranya adalah sebagai berikut:
• Mempermudah bagian surat menyurat dalam proses Pengarsipan secara
elektronik.
• Meminimalisir resiko kehilangan dokumen.
• Disposisi Surat dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, karena dapat
diakses memakai gadget/smartphone.
• Mempercepat pencarian dokumen surat masuk maupun surat keluar.
• Memudahkan tracking disposisi (Alur Disposisi).
• Penghematan waktu dalam disposisi alur persuratan.
Tidak dipungut biaya
Tata Persuratan
-
Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.
Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App StoreAdministrator