Pelayanan Penggunaan Tanah dan/atau Bangunan di Pelabuhan Perikanan

No. SK: B.112/PPNTP/KP.440/I/2023

  1. 1. Form permohonan penggunaan tanah dan/atau bangunan
  2. 2. Surat Pernyataan
  3. 3. KTP dan NPWP
  4. 4. Denah Lahan dan Proposal Penggunaan Tanah dan/atau bangunan

  1. 1. Pemohoan mengajukan permohonan pelayanan jasa penggunaan lahan dan/atau bangunan dengan melampirkan Foto copy KTP, NPWP, denah lahan, proposal serta persyaratan administrasi lainnya.
  2. 2. Kepala pelabuhan menerima dan mendisposisi surat permohonan jasa penggunaan lahan kepada Subkoordinator Kelompok Tata Kelola dan Pelayanan Usaha
  3. 3. Subkoordinator Kelompok Tata Kelola dan Pelayanan Usaha memberi catatan penyelesaian dan menyampaikan surat permohonan jasa penggunaan tanah dan/atau bangunan kepada petugas verifikasi
  4. 4. Petugas verifikasi membuat dan menyampaikan draftsurat rekomendasi untuk disampaikan kepada Subkoordinator Kelompok Tata Kelola dan Pelayanan Usaha
  5. 5. Subkoordinator Kelompok Tata Kelola dan Pelayanan Usaha memeriksa, memberi paraf dan menyampaikan surat rekomendasi kepada Kepala Pelabuhan (apabila disetujui maka diteruskan kepada kepala pelabuhan dan apabila tidak disetujui diserahkan kepada petugas verifikasi)
  6. 6. Kepala Pelabuhan memeriksa suarat rekomendasi apabila disetujui maka Kepala Pelabuhan menanda tangani, dan mengajukan surat rekomendasi kepada Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, apabila tidak disetujui, maka dikembalikan kepada pemohon
  7. 7. Direktur Jenderal Perikanan Tangkap menerbitkan dan menyampaikan Surat Persetujuan Prinsip kepada Kepala Pelabuhan
  8. 8. Kepala Pelabuhan menerima Surat Persetujuan Prinsip Pemanfaatan Tanah dan/atau bangunan dan mendisposisikan kepada Subkoordinator Tata Kelola dan Pelayanan Usaha

6 hari 4 Jam 50 Menit

Biaya Pelayanan sesuai dengan PP Nomor 85 Tahun 2021 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan

Surat Perjanjian Kontrak Penggunaan Tanah dan/atau Bangunan

Penanganan  Pengaduan diterima oleh petugas pelayanan publik melalui kotak pengaduan maupun pengaduan secara langsung (liasan atau tertulis) yang akan ditindaklanjuti oleh Tim Pengelola Pengaduan dan www.lapor.go.id


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

integrasidjpt.kkp.go.id