Pelayanan Persalinan

  1. • Pelanggan/pasien datang sendiri atau dengan pendamping mendaftarkan diri untuk mendapatkan pelayanan persalinan.
  2. • Pelanggan/pasien membawa buku KIA.

  1. • Pelanggan/Pasien datang dengan pendamping dilakukan pemanggilan di ruangan tunggu. • Pelanggan/pasien dilakukan pengkajian awal oleh bidan berupa anamnese dan pemeriksaan fisik. • Pelanggan/pasien dilakukan pemeriksaaan secara holistik oleh Bidan/ Dokter termasuk pemeriksaan penunjang (laboratorium) sesuai indikasi. • Dilakukan tindakan bila diperlukan sesuai kebutuhan pelanggan • Dilakukan edukasi dan konseling sesuai kebutuhan pasien • Pelanggan/ pasien mendapatkan asuhan sesuai standar yang berlaku • Pelanggan/ pasien mendapatkan ruang perawatan sesuai peraturan yang berlaku. • Proses di Ruang Persalinan dilakukan sesuai SOP yang berlaku.

Waktu tunggu           :  0 menit

Pengkajian awal       : 15 menit

Pemeriksaan dokter : sesuai kebutuhan

Hari rawat                 : sesuai kebutuhan



  • Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2016 Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.
  • Peraturan Bupati Kabupaten Cilacap Nomor 06 Tahun 2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah Di Kabupaten Cilacap.
  • Peraturan Bupati Kabupaten Cilacap Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Tata Kelola Pelayanan Dan Retribusi Di Puskesmas.

• Rujukan ke fasilitas kesehatan lanjutan sesuai diagnose dokter • Perawatan/ pengobatan selama rawat inap • Asuhan Kebidanan selama pasien dirawat • Asuhan Gizi selama dirawat sesuai diet pasien • Asuhan obat selama dirawat sesuai penyakit pasien • Visitasi oleh dokter penanggung jawab pasien 2 kali dalam sehari

Kotak Saran 

Sms /wa 085867902069 

Email : puskesmaskesugihan2@yahoo.com 

Facebook : UPTD Puskesmas Kesugihan II 

Instagram : @puskesmaskesugihan_2 

Buku keluhan pelanggan 

Aduan langsung



Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

MOBILE JKN & DAFTAR ONLINE (DAFON) SIMPUS

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Persalinan"