Peralihan Hak - Hibah

  1. 1. Sertifikat Hak Atas Tanah (wajib)
  2. 2. Akta Hibah (wajib)
  3. 3. Fotocopy Pajak Bumi dan Bangunan (wajib)
  4. 4. Fotocopy Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan
  5. 5. Fotocopy Surat Setoran Pajak/PPH
  6. 6. Fotocopy KTP/Identitas Pemohon
  7. 7. Surat Permohonan (wajib)
  8. 8. Surat Kuasa Permohonan
  9. 9. Surat Pengantar PPAT
  10. 10. Surat Pernyataan Kepanjangan Nama

  1. 1. Penerimaan dan proses verifikasi berkas permohonan oleh petugas loket. Jika dinyatakan lengkap dilakukan proses input data ke KKP dan akan terbit Surat Tanda Terima Berkas (STTB) dan Surat Perintah Setor (SPS).
  2. 2. Penyerahan STTB dan SPS kepada pemohon
  3. 3. Pembayaran PNBP ke Bank oleh pemohon
  4. 4. Proses pendistribusian berkas permohonan kepada unit kerja terkait
  5. 5. Proses pemeriksaan berkas, jika kurang lengkap dikembalikan kepada petugas loket untuk diteruskan kepada pemohon. Jika lengkap dilanjutkan proses pengambilan buku tanah
  6. 6. Analis melakukan pemeriksaan dan verifikasi buku tanah
  7. 7. Proses pencatatan peralihan hak pada buku tanah
  8. 8. Proses verifikasi dan persetujuan konsep produk pelayanan
  9. 9. Pencatatan produk pelayanan
  10. 10. Penyerahan produk pelayanan

Sesuai ketentuan PP tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Kementerian ATR/BPN.

Catatan Perubahan Peralihan Hak

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Peralihan Hak - Hibah"