Pemberian Fasilitasi Pemulangan WNI di Luar Negeri

  1. Permohonan pelayanan, yang diajukan oleh yang bersangkutan, keluarga, pihak penerima kuasa dari yang bersangkutan atau keluarganya, dan/atau Perwakilan RI;
  2. Dokumen permohonan dapat disampaikan dalam bentuk, surat, email, formulir pengaduan, atau melalui Portal Peduli WNI;
  3. Bukti identitas/dokumen perjalanan atas nama WNI yang akan melakukan repatriasi mandiri (Paspor, KTP, atau SPLP);
  4. Identitas pemohon layanan jika permohonan diajukan oleh pihak ketiga;
  5. Identitas dan nomor telepon pihak penanggungjawab di Indonesia (perusahaan pengirim, sekolah/universitas, atau keluarga)
  6. Jadwal penerbangan;
  7. Khusus pada masa pandemi COVID-19: sertifikat kesehatan, sertifikat vaksin, atau bukti PCR negati

  1. Pemohon Layanan (ybs, penerima kuasa, keluarga) atau Perwakilan RI menyampaikan permohonan dalam bentuk surat, email, form pengaduan atau online melalui Portal Peduli WNI
  2. Verifikasi oleh Dit PWNI (Pengumpulan informasi, penelaahan dokumen, Klarifikasi Data, Wawancara Pemohon/Keluarga)
  3. Jika Tidak Lolos Verifikasi, Permohonan Ditolak. Jika Lolos Verifikasi diberikan pelayanan fasilitasi pemulangan
  4. Ketika kepulangan dilakukan serah terima ke keluarga atau K/L terkait

Kondisi Normal

Repatriasi Mandiri: 3 hari kerja sejak permohonan disetujui

Repatriasi Jenazah dan WNI Bermasalah: 7-14 hari kerja sejak permohonan disetujui

Evakuasi: Ditentukan oleh kondisi di lapangan

Kondisi Pandemi COVID-19 K

14 - 30 hari kerja sejak permohonan disetujui.

Fasilitasi pemulangan oleh Direktorat Perlindungan WNI dan BHI tidak dipungut biaya.

Biaya pemulangan tetap memperhatikan Prinsip Pelindungan bagi WNI, yaitu mengedepankan keterlibatan pihak yang bertanggung jawab dan/atau berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

1. Repatriasi Mandiri; 2. Repatriasi Jenazah dan WNI Bermasalah; 3. Evakuasi

Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan melalui:

 1. Loket pengaduan di Ruang Pelayanan;

2. Telepon: +62 812 9007 0027;

3. Email: pwni.bhi@kemlu.go.id;

 4. Aplikasi LAPOR

5. Akun sosial media Dit. PWNI :

● Facebook Direktorat Pelindungan WNI dan BHI: Direktorat WNI

● Twitter : @PeduliWN

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

https://peduliwni.kemlu.go.id dan Safe Travel

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pemberian Fasilitasi Pemulangan WNI di Luar Negeri"