Pelayanan Imunisasi

  1. 1. Pasien Umum a. Pasien menyerahkan identitas pasien KTP di luar Kab.Tanah Bumbu b. Pasien tidak membawa identitas c. Pasien Menyerahkan Buku KMS 2. Pasien BPJS/KIS a. Pasien baru menyerahkan kartu BPJS/KIS b. Pasien lama menyerahkan katu BPJS/KIS dan kartu berobat c. Pasien Menyerahkan Buku KMS 3. Pasien Jamkesda a. Pasien menyerahkan kartu identitas KTP/KK/SKTM Kab.Tanah Bumbu b. Pasien Menyerahkan Buku KMS

  1. 1. Pasien datang ketempat Kegiatan Posyandu (cuci tangan dan masker) 2. Paramedic mentukan berapa banyak vaksin yang dibutuhkan untuk pelayanan imunisasi 3. Paramedic mempersiapkan alat sesuai kebutuhan 4. Paramedic mempersiapkan vaksin kemudian masukkan kedalam vaksin carrier berisi 4 buah cool pack. Pastikan vaksin masih berkualitas (VVM A atau B, belum kadaluarsa, label kemasan masih ada dan terbaca 5. Paramedic mempersiapkan anak yang akan diberikan imunisasi dan lakukan identifikasi serta anamnesa dengan menanyakan kepada orang tua anak tentang nama anak, umur anak, nama orangtua serta alamat anak. 6. Paramedic melarutkan vaksin dengan cairan pelarut yang sudah disediakan. Beri tanda (tanggal dan jam pelarutan vaksin) pada vial vaksin tersebut. 7. Paramedic mengambil vaksin dengan dosis 0,05 ml 8. Paramedic membersihkan lengan kanan bagian atas bayi dengan kapas alcohol swab dan tunggu hingga mengering. 9. Paramedic menyuntikkan secara perlahan vaksin di lokasi secara intracutan/IC (posisi jarum suntik sekitar 150 terhadap permukaan kulit) 10. Setelah vaksin disuntikkan, jarum dikeluarkan Alat suntik bekas langsung dimasukkan dalam safety box tanpa ditutup kembali (no recapping) 11. Memberitahukan informasi kepada orangtua untuk tidak memencet atau mengompres benjolan/bula bekas suntikan imunisasi dan jelaskan bahwa biasanya pada bekas suntikan itu nanti akan menjadi scar/jaringan parut (bekas lukaPasien menunggu obat. 12. Bersihkan tangan petugas dengan menggunakan hand sanitizer, Lakukan pencatatan pada lembar catatan imunisasi 13. Pengawasan anak post imunisasi (untuk mengantisipasi kipi)

< 5>

Gratis pasien KIS/BPJS dan KTP/SKTM Tanah Bumbu

UKM

1.    Penggunaan/pasien menyampaikan pengaduan atau Kritik saran kepada               petugas Jurim 

2.   Petugas mencatat semua pengaduan

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Imunisasi"