PELAYANAN SURAT KETERANGAN KEPENDUDUKAN

  1. Fotokopi KTP-el
  2. Fotokopi KK
  3. Surat keterangan dari instansi/lembaga terkait (apabila dibutuhkan)

  1. Petugas menerima, meneliti dan mengumpulkan kelengkapan surat keterangan kependudukan serta memproses pembuatan surat keterangan kependudukan untuk diserahkan ke JFT/Sub Koordinator/ Pejabat yang ditunjuk sesuai bidangnya
  2. JFT/Sub Koordinator/ Pejabat yang ditunjuk sesuai bidangnya memverifikasi berkas dan membubuhkan paraf
  3. Kabid menandatangani surat keterangan kependudukan dan diserahkan ke petugas
  4. Petugas melakukan registrasi penomoran surat keterangan kependudukan
  5. Pemohon menerima surat keterangan kependudukan

Durasi waktu penyelesaian dihitung dari pemohon berada di loket pelayanan sampai dengan dokumen selesai diserahkan kembali kepada pemohon

Berdasarkan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan pada Pasal 79A disebutkan Pengurusan dan penerbitan Dokumen Kependudukan tidak dipungut biaya. Oleh karena itu di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin untuk penerbitan dan pengurusan dokumen kependudukan baik pelayanan pendaftaran penduduk maupun pelayanan pencatatan sipil tidak dipungut biaya/ gratis

Surat Keterangan Kependudukan

Secara tertulis melalui kotak pengaduan/saran, email, e-lapor, website disdukcapil, media sosial atau diserahkan langsung ke pejabat pengaduan masyarakat; Secara lisan langsung disampaikan kepada Kepala Dinas, pejabat pengaduan atau melalui nomor telepon/WA 0813 4844 6886; Segala pengaduan wajib ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas dan disampaikan tembusannya kepada Asisten, Sekda, dan Wali Kota
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store