Nifas

No. SK: 440/008/434.203.300.17/SK/2022

  1. Pasien terdaftar di loket

  1. 1. Persiapan Alat dan Bahan : a. Tensidanstetoskop b. Termometer c. Sarungtangan (handscoon) d. Komberisikapassublimatdan air DTT e. Bengkok f. Waslap g. Larutan chlorine 0,5%Petugas
  2. 2. Petugas a. Bidan
  3. 3. Langkah – langkah : 2 JAM POST PARTUM a. Observasi TTV b. Pemeriksaankontraksi uterus c. Menilaiperdarahan d. Mengosongkankandungkemih e. Melakukan vagina tosse/membersihkanibu f. Cucitangan
  4. 6 JAM POST PARTUM a. Observasitanda-tanda vital b. melakukam pemeriksaan payudara: • meminta pasien berbaring dengan lengan kiri di atas kepala, kemudian palpasi payudara kiri secara sistematis sampai ke ketiak, raba adanya masa, benjolan yang membesar, pembengkakan atau abses • ulangi prosedur pada lengan kanan c. Melakukanpemeriksaan abdomen: • Pemeriksaankontraksi uterus • Palpasiuntukmendeteksiadaayautidaknya uterus diatasubis (infolusi uteri) • Palpasiuntukmendeyeksiadanyamasaataukelembekan (konsistensi uterus) • Periksabekaslukajikaoperasibaru d. Pemeriksaan lochia (cairanscret yang berasaldarikavum uteri dan vagina dalammasanifas e. Menilaiperdarahan f. PemberianvitA (kapsulvit. A padaibu) g. Menganamneseibu BAK dan BAB h. Mengajarkanpadaibumenyusudini (IMD) i. Pemeriksaan Lab (HB) j. Memeriksakeadaanumumibu k. Dokumentasi

observasi persalinan 2 jam sampai 6 jam di ruang bersalin

Tidak dipungut biaya

Pelayanan kesehatan ibu dan anak

SPAN LAPOR:

1.      Pengguna/pasien menyampaikan pengaduan melalui media :

a.    Call Center HALO BANYUANYAR SMS/WA 081943468884

b.    Kotak saran

c.    Email: pkm-banyuanyar@sampangkab.go.id

d.   Website : https://pkm-banyuanyar.sampangkab.go.id

e.    Facebook : Puskesmas Banyuanyar Sampang

f.     Instagram : puskesmas_banyuanyar

g.       Secaralangsung

2.     Petugas mencatat semua pengaduan

3.      Semua pengaduan akan dibahas oleh tim pengaduan

4.      Umpanbalik pengaduan akan disampaikan melalui:

a.       SMS/WA/email pengadu yang bersangkutan

Secaralangsung
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

HALO BANYUANYAR