Pelayanan Bedah Sentral

No. SK: 065/16494.1/102.7/2022

  1. Persyaratan Administrasi Semua dokumen penunjang operasi sudah lengkap, meliputi: a. Form informed consent pembedahan b. Form serah terima pasien c. Form assessment pra bedah d. Form site mark e. Hasil pemeriksaan penunjang yang terkait
  2. a. Penjadwalan : 1. Penderita dengan kriteria emergency dan urgent dikerjakan di kamar operasi emergency, kecuali bagi pasien yang memerlukan tindakan khusus atau peralatan khusus dan apabila terjadi overload antiran operasi di kamar operasi emergency bisa dikerjakan di kamar operasi elektif walaupun diluar jam kerja kamar operasi elektif 2. Pelayanan pembedahan pasien elektif dikerjakan di kamar operasi elektif Instalasi Bedah Sentral. 3. Penderita Covid-19 dilakukan operasi di kamar operasi khusus pasien Covid-19
  3. Persyaratan teknis pemeriksaan operasi sesuai dengan jenis operasi dan protap yang berlaku di kamar operasi

  1. Pelayanan Operasi Elektif a. Pasien didaftarkan dari SMF terkait ke kamar operasi b. Pasien yang sudah terdaftar operasi dilakukan persiapan di ruang rawat inap atau rawat jalan c. Pasien dikirim ke kamar operasi sesuai dengan jadwal d. pasien diserahterimakan dari ruang asal ke ruang pre medikasi kamar operasi e. pasien dilakukan pre medikasi dan sign in f. Pasien masuk kamar operasi dan dilakukan pembiusan dan pembedahan sesuai dengan perencanaan dan prosedur g. Setelah dilakukan tindakan pembedahan pasien dipindahkan ke recover room (RR) atau ke ICU sesuai dengan kriteria dan pertimbangan khusus h. Pasien dipindahkan ke rawat inap lanjutan sesuai dengan kriteria pasien layak pindah ruangan i. Pasien yang berasal dari rawat jalan setelah tindakan pembedahan bisa langsung dipulangkan setelah menyelesaikan administrasi
  2. Pelayanan Operasi Darurat (Emergency) a. Pasien yang didaftarkan ke kamar operasi emergency sudah melalui proses skrining covid 19 dan proses ACC DPJP operator dan anestesi b. Petugas IGD dan rawat inap mendafrtarkan pasien ke kamar operasi emergency dan ketahui serta ditandatangani oleh kepala jaga kamar operasi emergency c. Setelah pasien terjadwal di kamar operasi, petugas kamar operasi menghubungi ruang asal pasien d. Pasien dikirim ke kamar operasi dengan segala kelengkapannya. e. pasien dilakukan pre medikas dan sign in f. Pasien masuk kamar operasi dan dilakukan pembiusan dan pembedahan sesuai dengan perencanaan dan prosedur g. Setelah dilakukan tindakan pembedahan pasien dipindahkan ke recover room (RR) atau ke ICU sesuai dengan kriteria dan pertimbangan khusus h. Pasien dipindahkan ke rawat inap lanjutan sesuai dengan kriteria pasien layak pindah ruangan
  3. Pelayanan Operasi Covid 19 a. Pasien dari IGD/Ruang perawatan Covid-19 dan pasien dari IGD/ Ruang perawatan reguler dengan hasil screening terindikasi Covid-19 yang terindikasi operasi dilakukan tindakan pembedahan di kamar operasi Covid-19 sesuai dengan protokol/prosedur penanganan pasien Covid-19 b. Pasien yang akan operasi diaftarkan ke kamar operasi melalui hotline OK covid oleh petugas ruang asal c. Pasien dipanggil ke kamar operasi Covid-19 setelah semua tim operasi siap di dalam kamar operasi d. Pasien dikirim dari ruang asal masuk kedalam kamar operasi Covid e. Pasien dilakukan pre medikasi dan sign in di dalam kamar operasi Covid-19 f. Pasien dilakukan pembiusan dan pembedahan sesuai dengan perencanaan dan prosedur g. Setelah selesai operasi pasien diobservasi di dalam kamar operasi Covid-19 h. Pasien dipindahkan ke ruang perawatan Covid-19 tanpa melalui ruang recovery room (RR).

1. Waktu Tunggu Pelayanan Operasi :

a.          Operasi Elektif : < 48>

b.         Operasi Emergency dan Urgent : < 1>

c.          Operasi Covid 19 : < 1>

 

2. Waktu tunggu penyelesaian operasi :

Sesuai jenis tindakan operasi.

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien umum berdasarkan:

1. Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 9 Tahun 2010

2. Keputusan Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar Nomor 900/3790/302/2017

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien JKN/BPJS berdasarkan:

1.       PMK No.76 Tentang Pedoman INA-CBG Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

2.       PMK No.26 th 2021 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups INA-CBG

3.       PMK No.28 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program JKN

4.       Salinan Perpres No.82 Th 2018

5.       PMK No.51 Th 2018 Tentang Urun Biaya

6.       PMK No.16 Th 2019 Tentang Pencegahan Anti Fraud

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien Biakes Maskin berdasarkan:

Pergub No.16 Th 2022

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien asuransi lainnya akan dibayarkan oleh asuransi sesuai dengan MoU/perjanjian

1. Terlaksananya kegiatan operasi terencana dengan hasil yang optimal dan sesuai standar keselamatan pasien 2. Terlaksananya operasi darurat (emergency) dengan hasil yang optimal dan sesuai standar keselamatan pasien

Untuk layanan pengaduan, masyarakat dapat disampaikan secara:

1.          langsung

Diterima oleh petugas layanan pengaduan (baik pasien umum maupun BPJS Kesehatan) di Ruang Complaint Center (Tempat Layanan Pengaduan) yang berlokasi di belakang Tempat Layanan Informasi (TLI/Lobby)

 

2.          tidak langsung

-          mengakses aplikasi whatsapp “sambatrssa” yang sudah terpasang di beberapa titik layanan

-          melalui sms atau whatsapp ke nomor telepon HP Pengaduan 081555606668

-          mengirimkan surat yang ditujukan kepada Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar dan dikirim ke alamat RSUD Dr. Saiful Anwar Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 2 Malang

-          melalui email ppid.rssa@gmail.com

-          melalui DM di sosial media RSSA (Instagram @rssamalang, FB akun RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, twitter @rsudsaifulanwar

                -     melalui kanal LAPOR! SP4N
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Bedah Sentral"